Terbaru

Dugaan Sementara, Ikan di Sungai Nou Mati Karena Keracunan

Warga Menyaksikan Ikan Mati di Sungai Nou | Foto: Budi Gea
Gunungsitoli - Ratusan ekor ikan terlihat mengambang dalam kondisi mati di Muara Sungai Nou Kelurahan Ilir Kota Gunungsitoli, Senin (24/2/14). 

Kejadian tersebut dimanfaatkan oleh warga yang bermukim di sekitar sungai kali nou dengan peralatan seadanya bahkan dengan tangan kosong mengumpulkan ikan-ikan tersebut, untuk di jadikan bahan konsumsi.

Salah seorang warga bernama ucok (29) mengatakan kepada wartanias.com bahwa kejadian ini dimulai sejak pagi hari sekitar pukul 06.30, warga melihat ikan-ikan ini naik kepermukaan air sungai dalam kondisi lemah bahkan kebanyakan telah mati.

"Kejadian ini (ikan mati -red) di mulai sekitar pukul 06.30 pagi tadi, dimana kami melihat banyak ikan muncuk kepermukaan sungai dengan kondisi lemah bahkan mati," ucap Ucok sambil menunjukkan ikan yang ditangkapnya.

Pantauan wartanias.com puluhan warga sangat antusias mengumpulkan ikan bahkan ada beberapa merasa sangat senang, karena memangkas belanjanya untuk belanja kebutuhan dapur pada hari itu.

Ikan Mati di Sungai Nou | Foto: Budi Gea
"Ini adalah rezeki buat saya, karena saya tidak perlu belanja ikan lagi, karena ikan-ikan ini akan saya jadikan lauk untuk keluarga,” ujar salah seorang ibu pengumpul ikan yang tidak ingin disebutkan namanya.

Sementara itu Kepala Seksi Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Kantor Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli Kariaman Zebua saat di konfirmasi, Selasa (25/2/2014) menyampaikan bahwa dugaan sementara ikan-ikan tersebut mati di akibatkan oleh keracunan bahan-bahan kimia yang larut di Sungai Nou.

"Dugaan sementara ikan-ikan mati karena keracunan bahan-bahan kimia yang larut di dalam sungai Nou," ujar Kariaman.  

Namun demikian, Kariaman menyampaikan bahwa esok hari, pihaknya akan menguji sampel ikan mati tersebut ke salah satu Laboratorium di Medan untuk memastikan secara jelas kondisi yang sebenarnya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara