Terbaru

Panwaslu dan Pemko Gunungsitoli Diminta Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Alat peraga kampanye yang terlihat semraut | Foto : Andi
Gunungsitoli – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Gunungsitoli bersama dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli diminta untuk menertibkan alat peraga kampanye yang tersebar di Kota Gunungsitoli. Karena alat peraga yang ada saat ini membuat Kota terlihat semraut. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Gerakan mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Gunungsitoli – Nias, Sitori Mendrofa, Minggu (16/2/2014).

“Meski pemasangan alat peraga tersebut sudah sesuai dengan jadwal kampanye yang ada, tetapi panwaslu harus tetap melakukan pengawasan terhadap hal tersebut,” ujar pria yang akrab disapa Tori ini. 

Pasalnya, alat peraga yang ada saat ini terletak sangat semraut bahkan tumpang tindih dengan alat peraga calon anggota legislatif (Caleg) lainnya. Bahkan ada banyak alat peraga yang sudah usang dibiarkan begitu saja.

 “Seperti salah satu contoh di sekitar Lapangan Merdeka tepat diantara jalan Gomo menuju jalan Sirao, dimana ada tanah kosong, disitu berbagai alat peraga terpampang dengan tidak rapi. Bahkan bendera salah satu partai yang sudah robek pun dibiarkan begitu saja,” ujar Tori. 

Kondisi yang kurang teratur tersebut, menurut Tori menjadikan Kota Gunungsitoli kurang layak dipandang mata. Oleh karena itu Panwaslu dan Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui instansi terkait diminta bekerja sama untuk menertibkan alat peraga yang usang atau bahkan merusak tatanan Kota. 

“Bila perlu berikan teguran kepada Partai atau Caleg agar alat peraga atau bendera partai mereka atur kembali. Jika tidak patuh baru berikan tindakan dengan pencopotan alat peraga,” ungkap Tori.

 Masih ditambahkannya, Jika sudah ada pencopotan Panwaslu Kota Gunungsitoli agar mempublikasikan alat peraga mana yang ditertibkan, agar masyarakat tahu mana caleg patuh aturan dan mana yang tidak patuh aturan. 

“Belum jadi anggota legislatif sudah langgar aturan, tentu itu akan menjadi satu catatan bagi para calon pemilih nantinya,” ucapnya. 

Ketua Panwaslu Kota Gunungsitoli, Martinus Gea ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan bahwa pemasangan alat peraga sudah sesusai dengan jadwal kampanye.

 “Sudah sesuai dengan jadwal,“ ujar Martinus. (Andi)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara