Terbaru

Tari Maena Tari Khas Nias

Tari Maena | Foto : Marlius Telaumbanua
Tari merupakan sesuatu gerak sekelompok manusia secara bersama-sama dalam irama yang sama, dimana hampir di seluruh daerah memiliki bermacam-macam tari. Seperti halnya Kepulauan Nias dimana mempunyai ciri khas budaya yang sangat unik yakni Tari yang disebut dengan Maena.

Maena atau tari Maena adalah merupakan jenis tari kolosal yang di praktekan secara bersama-sama oleh sekelompok Ono Niha (Orang Nias) yang di pertunjukkan di acara seperti Pesta Pernikahan dimana hal ini bertujuan sebagai pertanda kebersamaan dan sarana juga untuk memuji pihak mempelai perempuan ataupun pihak laki-laki yang sedang melakukan pesta.

Dalam memperagakan tari yang melambangkan kebersamaan dan kegembiraan ini, tidak ada batasan jumlah orang yang berperan sebagai peserta tari, bahkan tidak jarang tamu di ajak untuk ikut bersama melakukan tarian ini secara bersama-sama.

Sementara itu, seiring dengan kemajuan zaman, tari maena bukan hanya di pertunjukkan pada acara pesta pernikahan saja, tapi dijadikan sebagai sarana hiburan menari bersama, dimana selain gerakan gerak kaki yang sangat mudah juga syair-syair yang akan dilantunkan sangat singkat dan mudah sehingga setiap orang dalam beberapa menit dapat mempergakannya.

Bagi para pembaca yang belum pernah melihat tarian khas Nias tari maena, tari ini dapat di jumpai pada acara pesta pernikahan di Suku Nias (khusus yang beragama Nasrani) karena suku Nias yang beragama muslim acara pesta pernikahannya lebih mendekati budaya melayu. (Marlius)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara