Terbaru

DPD RI Tinjau Kesiapan Nias Jadi Propinsi

Rombongan Kunjungan DPD RI | Foto: Anton L
Gunungsitoli - Komite Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau Calon Propinsi baru, yakni Propinsi Kepulauan Nias, yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nias, Senin (19/5/2014)

Adapun beberapa agenda dalam kedatangan DPR RI kali ini diantaranya turun langsung melihat kesiapan wilayah, administrasi dan hal lainnya di kepulauan Nias sebagai calon Propinsi baru.

Wakil Ketua DPD RI Kammarudin dalam sambutanya mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung sejauh mana kesiapan mekanisme calon Provinsi Kepnis dalam segi admintrasi maupun segi teknis, sehingga apabila semua sudah sesuai dengan mekanisme maka pihaknya dapat memberi pertimbangan dalam waktu yang tidak lama lagi bahkan sebelum berakhirnya periode 2014 Provinsi Kepnis dapat terwujud.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua TIM DOB Non Papua Farouk Muhammad bahwa dalam segi persiapan calon ibukota dan kantor gubernur serta kantor DPRD provinsi Kepnis harus sesuai dengan RtRw yang ada dan untuk anggaran pilkada nantinya sudah dipastikan berasal dari APBN.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua BPP Propinsi Kepulauan Nias Hermit Hia mengatakan bahwa sesuai kesepakatan bersama telah ditetapkan sebagai calon ibukota provinsi yaitu Kota Gunungsitoli dimana Kantor Bupati Nias (kantor Bupati Nias saat ini -red) sebagai Kantor Gubernur, dan Kantor DPRD Nias sebagai kantor DPRD Provinsi Kepulauan Nias nantinya. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris DPD RI Wahyu Taufik Gerlan, Ketua TIM DOB Non Papua Farouk Muhammad, DPD RI dari Sumsel Rahmatsyah, DPD dari NTT Emmanuel B.E, DPD dari Riau M. Gazhali, DPD dari Sumatera Utara Parlindungan Purba, Asisten I Setda Gubernur Sumatera Utara; Kepala Daerah dan DPRD Sekepulauan Nias. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara