Terbaru

Kadisdik Nias: Peran Orang tua Sangat Penting dalam Perkembangan Anak

Ma'ato Zendrato | Foto: Budi Gea
Gunungsitoli - Orang tua sangat berperan penting dalam menjamin kualitas perkembangan anak di masa mendatang. Demikian di sampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Ma'ato Zendrato kepada wartanias.com, Kamis (8/5/2014).

Ma'ato mengungkapkan hal tersebut menanggapi pertanyaan wartanias.com terkait video beradegan 'panas' yang di perankan dua remaja putri berseragam pramuka yang tengah beredar ditengah-tengah masyarakat akhir-akhir ini. 

Ianya menuturkan bahwa seharusnya orang tua merupakan faktor utama dalam hal mendidik anak sebagai orang pertama yang melakukan pendidikan secara informal kepada anak, setelah itu baru pendidikan formal sebagai rumah ke dua kepada anak.

"Jika anak bertingkah nakal, kesalahan utama ada di pendidikan informal, karena yang duluan di dapatkan oleh anak adalah bahasa ibu, dan kedua pendidikan formal yakni sekolah sebagai rumah kedua pada anak," ucap Ma'ato.

Sementara itu, terkait video tersebut, Maato mengatakan bahwa tidak dapat berkomentar banyak karena baru di dengarnya, namun demikian dia menyarankan video tersebut di laporkan ke pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti, seraya berharap kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyebarluaskan video tersebut sesuai dengan Pasal 29 UU RI No. 44 Tahun 2008 tentang pornografi dimana dapat dihukum 12 tahun penjara dan denda maksimal Rp. 6 Milyar .

Maato menambahkan agar orang tua dan semua pihak, agar selalu mengawasi dan mengikuti perkembangan anak, terlebih-lebih dengan akses informasi teknologi yang sangat pesat saat ini, yang tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif seperti akses video, cerita ataupun gambar yang tidak pantas dikonsumsi oleh anak-anak. (Budi Gea/Yorint Bate'e)

 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara