Terbaru

Pemko Gunungsitoli adakan Kegiatan Peduli Lingkungan Hidup

Aroni Zendrato Tanam Pohon Cemara | Foto: Budi Gea
Gunungsitoli - Dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia, Pemerintah Kota Gunungsitoli adakan beberapa kegiatan yang berpusat di Kantor Kelurahan Ilir Kota Gunungsitoli, (5/6/2014).

Kepala Kantor Lingkungan Hidup sekaligus sebagai ketua Panitia Penyelenggara Aliran Telaumbanua dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan gerakan peduli lingkungan kota Gunungsitoli dengan tema satukan langkah, lindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim.

Aliran memaparkan bahwa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dimulai dari pelepasan beberapa jenis burung sebagai salah satu bentuk manifestasi dari konservasi satwa langka dan hampir punah, penanaman pohon (cemara udang-red) dipesisir pantai muara sungai nou dan kerja bakti massal membersihkan pesisir pantai muara sungai nou mulai dari sebelah bawah jembatan nou sampai ke sebelah timur kantor lurah ilir gusit.

Ianya menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya beberapa kegiatan tersebut diantaranya untuk kembali menstimulasi dan memotivasi seluruh masyarakat kota Gunungsitoli dalam menumbuh kembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup yang dapat diterapkan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu dalam sambutan menteri lingkungan hidup RI Prof.Dr. Balthasar Kambuaya, MBA yang dibacakan oleh Wakil Walikota Gunungsitoli Aroni Zendrato mengatakan bahwa salah satu penyebab kerusakan lingkungan yang perlu diantisipasi adalah perubahan iklim.

"Perubahan iklim akibat pemanasan global memberi berbagai dampak terhadap kehidupan di muka bumi dimana kondisi ini ditandai dengan meningkatnya frekuensi hujan dengan intensitas yang sangat tinggi, ketidakpastian musim hujan maupun kemarau dan munculnya berbagai bencana seperti kekeringan, badai, banjir dan longsor pada wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil", jelas Aroni.

Sebelum mengakhiri pembacaan sambutan menteri lingkungan hidup Republik Indonesia, Aroni berpesan agara lingkungan hidup tetap dijaga dan dipelihara.

"Ketahanan lingkungan hidup adalah kunci untuk menjaga ekosistem dan menghindari dari bencana lingkungan khusunya dampak perubahan iklim." tutup Aroni. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara