Terbaru

Dana Askes Tahun 2013 Hingga Kini Belum Dicairkan di Kota Gunungsitoli

Kabid Promosi Jamkesmas dan PL Dinkes Gusit | Foto: Yorint Bate'e
Gunungsitoli - Dana Askes pada Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Tahun 2013 belum dibagikan pada Puskemas yang ada di wilayah kota Gunungsitoli karena harus menunggu peraturan ketentuan umum regulasi dana tesebut masuk ke kas daerah.

Hal tesebut di sampaikan Kabid Promosi Jamkesmas dan PL Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Wa'oziduhu Hulu kepada wartanias.com, Rabu (2/7/2014) di ruang kerjanya di desa Fodo Kecamatan Gunungsitoli.

"Dana askes tahun 2011 dan tahun 2012 sudah didistribusikan ke masing- masing Puskesmas yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli sebagai jasa pelayanan, dan untuk tahun 2013 setelah ada peraturan regulasi bahwa semua dana yang masuk di daerah harus melalui pengelolaan keuangan daerah maka dana Askes Tahun 2013 belum dapat di cairkan", ungkap Wa'oziduhu.

Dijelaskannya bahwa temuan BPK tahun 2013 pada pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Kota Gunungsitoli tahun 2013 menjadi penghambat cairnya dana Askes tersebut, dimana penerimaan hasil klaim dana askes TA. 2012 sebesar Rp. 374.321.300,- pada dinas kesehatan di gunakan langsung tanpa melalui mekanisme APBD dimana seyogianya harus melalui mekanisme APBD.

Ianya mengakui bahwa temuan BPK tersebut merupakan kesalahan dari pihaknya, dan hal tersebut menjadi bahan pembelajaran yang berharga sehingga tidak terulang kembali pada pelaksanaan anggaran berikutnya.

Namun demikian, Wa'oziduhu menjelaskan bahwa dana Askes Tahun 2013 tersebut akan dicairkan namun menunggu ketentuan regulasi dana masuk ke Kas daerah. (Yorint)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara