Terbaru

Kecamatan Gido di Ajukan jadi Calon Ibu Kota Kabupaten Nias

Temu Pers Pemda Kabupaten Nias | Foto: Yorint Bate'e
Ononamolo - Sehubungan dengan pemekaran wilayah pemerintahan Kabupaten dan Kota di Kepulauan Nias pada tahun 2009 lalu terkait penetapan ibu kota Kabupaten, sesuai dengan  peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2007 yang berisikan dimana  pembentukan Kota yang cakupan wilayahnya merupakan ibu Kota Kabupaten, maka Ibu Kota Kabupaten tersebut harus dipindahkan ke lokasi lain secara bertahap paling lama 5 tahun sejak di bentuknya kota. Pemerintah Kabupaten Nias telah mengajukan Kecamatan Gido menjadi Ibukota Kabupaten Nias.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Nias Sokhiatulo Laoli dalam temu pers di Lantai I Kantor Bupati Nias  Desa Ononamolo Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Jumat (11/7/2014).

Ianya menjelaskan bahwa  penetapan ibu kota kabupaten Nias memiliki tahapan dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2007 serta peraturan Mendagri nomor 30 Tahun 2013.

"Dengan peraturan tersebut pemerintah Kabupaten Nias merencanakan serta melaksanakan tahapan- tahapan pemindahan ibu kota kabupaten nias diantaranya pada tahun 2012 melakukukan penjaringan aspirasi masyarakat terhadap calon lokasi ibu kota kabupaten Nias, serta penyusunan naskah akademisi atas kajian uji kelayakan calon ibu kota kabupaten Nias", ucap Bupati Nias. 

Ditambahkannya bahwa penetapan calon ibu kota kabupaten nias telah di setujui oleh DPRD melalui keputusan DPRD Kabupaten Nias nomor 170/04/DPRD/2014 tertanggal 9 Juni 2014, sehingga pada tanggal 20 Juli 2014 pemerintah kabupaten Nias bersama dengan DPRD menyampaikan usul pemindahan ibu kota kabupaten Nias dari kota Gunungsitoli ke Kecamatan Gido kepada Gubernur Sumatera Utara dan usul tersebut telah di terima oleh Gubernur Sumatera Utara dan di teruskan kepada menteri dalam negeri untuk di proses lebih lanjut. 

Sokhiatulo optimis penetapan ibu kota Kabupaten Nias melalui peraturan pemerintah diperoleh pada tahun 2014 ini, seraya berharap kerjasama dari seluruh eleman masyarakat kabupaten Nias untuk turut serta mengawal percepatan seluruh tahapan penetapan lokasi ibu kota kabupaten Nias. (Yorint Bate'e)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara