Terbaru

Kadis Kesehatan Gunungsitoli Kunjungi Pasien Gizi Buruk

Kadis Kesehatan, Bulan Simanungkali saat menggendong
pasien | Foto : Budi Gea
Gunungsitoli - Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Bulan Simanungkalit melakukan kunjungan kesalah seorang pasien penderita Gizi Buruk dan pasien penderita Demam Berdarah yang dirawat di Ruang Kesehatan Anak RSUD Gunungsitoli, Jumat (25/07/2014).

Adapun pasien yang dikunjungi tersebut adalah Zulfika Gea (1) penderita Gizi Buruk anak pasangan Irwan Gea dan Nur Azmi Tanjung yang berasal dari Desa Miga kecamatan Gunungsitoli Selatan dan Putra Milenium Laoli (13) penderita penyakit demam berdarah.

Kepada sejumlah wartawan, Bulan Simanungkalit mengatakan bahwa Dinas Kesehatan akan selalau melakukan pemantauan terhadap balita. Agar dapat melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap gizi buruk di Kota Gunungsitoli.

"Untuk Gizi buruk bisa kita katakan tidak mewabah, namun disetiap kabupaten kota hal yang sama bisa terjadi kapan saja, yang pastinya kita akan terus melakukan pemantauan terhadap balita-balita yanga ada di gunungsitoli ini, kita meningkatkan frekuensi perimbangan terhadap balita suapaya kita lebih cepat untuk mendapatkan informasi tentang kondisi gizi terhadap balita,sehingga kita bisa melakukan antisipasi untuk memperbaiki gizi anak tersebut," ujarnya.

Untuk pembiayaan bagi penderita gizi buruk, Bulan menjelaskan bahwa Walikota Gunungsitoli telah memerintahkan Dinas Kesehatan untuk merencanakan pembiayaan sehingga ditampung dalam APBD 2014. Sehingga para penderita gizi buruk telah dapat mendapatkan bantuan pembiayaan dari Pemerintah Kota Gunungsitoil.

Namun, bantuan pembiyaan yang diberikan tersebut baru dapat dilakukan ketika pasien penderita dirawat di Puskesmas milik Pemerintah Kota Gunungsitoli. Terkait dengan hal tersebut, Bulan mengatakan telah menyarankan agar penderita yang dikunjunginya agar melakukan perawatan di Puskemas Gunungsitoli selatan.

“Kita hanya bisa melakukannya apabila anak penderita gizi buruk tersebut di bawa ke Puskesmas,kita arahkan dibawa Kepuskesmas. kenapa kita rawat dipuskesmas?, tentu memerlukan penanganan penyebab terhadap gizi buruk tersebut. Jadi tadi sudah kita sarankan untuk dirawat di Puskesmas Gunungsitoli Selatan sampai anak ini ada perbaikan gizinya" ujarnya.

Sementara, terhadap pasien penderita demam berdarah, bulan mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemantauan dan pendataan atas penyakit tersebut. Guna mengetahui kemungkinan terjadinya penularan atau penambahan penderita.

"Nanti kita akan turun kelapangan untuk melihat apakah ada kemungkinan menularnya kepada masyarakat lain dan apakah ada jumlah penderita yang berlebih" ujarnya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara