Terbaru

Dana Tidak Cair, Pembangunan Perpustakaan dan Laboratorium “Mandek”

Kondisi bangunan yang sudah ditumbuhi semak belukar |
Foto : Budi Gea
Gunungsitoli - Akibat dana belum dicairkan, pembangunan ruang Perpustakaan dan ruang Laboratorium yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Gunungsitoli di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Kristen Harapan Sejahtera Gunungsitoli Jalan Pelud Binaka KM 15 Desa Siwalubanua II berhenti pengerjaanya atau "mandek".

Berdasarkan penjelasan Kepala Sekolah, Nicxon A Haumeni, beberapa waktu yang lalu mengatakan, bahwa pagu dana untuk ruang perpustakaan sebesar Rp.220.800.00 sedangkan untuk ruang Laboratorium sebesar Rp.153.000.000 dengan waktu pengerjaan 90 hari kalender.

Ianya menjelaskan penyebab terhentinya pembangunan di akibatkan dana untuk meneruskan pekerjaan tersebut belum diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli. Akibat ketiadaan dana tersebut pembangunan terpaksan berhenti untuk sementara.

"Dana untuk meneruskan pembangunannya masih belum cair dari Dinas Pendidikan sehingga untuk sementara proses pengerjaannya berhenti dan menunggu dana tersebut cair," ucap Nicxon.

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli, Walfrik Zebua dikantornya Jumat (12/9/2014) mengatakan bahwa pengerjaan bangunan untuk ruang perpustakaan telah rampung hingga 75% dan ruang Laboratorium telah rampung 30%.

"Untuk gedung perpustakaannya telah rampung hingga 75% sedangkan gedung laborratoriumnya telah rampung hingga 30%," ucap Walfrik.

Ditanya alasan mandeknya bangunan itu, Walfrik berkilah bahwa dana untuk meneruskan pembangunan masih dalam proses pemberkasan dan akan dilanjutkan pembangunannya pada tahun 2014, karena pengerjaan bangunan tersebut dengan cara Swakelola.

"Pembayaranya tidak sempat pada tahun anggaran 2013 yang lalu karena bangunan ini sifatnya swakelola, saat ini pencairanya masih dalam tahap pemberkasan ulang karena telah ada perubahan PPK dan kita pastikan pembangunannya akan dilanjutkan pada tahun 2014 ini," ujarnya memgakhiri.

Pantauan wartanias, disekitar lokasi bangunan sudah mulai di tumbuhi rerumputan, padahal bangunan masih berada disekitar halaman sekolah tersebut. menurut informasi yang diperoleh pembangunan gedung tersebut sudah dimulai pada tahun 2013 yang lalu. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara