Terbaru

Sungai Mida Di Alasa Ramai Dikunjungi Peminat Batu Akik

Para pencari bongkahan batu untuk pembuatan batu akik
Foto | Budi Gea
Alasa Talu Muzoi, - Sebuah sungai yang disebut "sungai mida" belakangan ini ramai dikunjungi orang untuk mendapatkan berbagai jenis bongkahan batu sebagai bahan untuk pembuatan batu akik.

Sungai mida tersebut berada di desa Laehuwa Kecamatan Alasa Talu Muzoi Kabupaten Nias Utara. Untuk mencapai sungai tersebut biasanya dari desa Laehuwa berjalan kaki melewati jalan setapak yang biasa dilalui warga sekitar untuk berkebun sejauh 500 meter.

Salah seorang pengunjung sungai tersebut yang berasal dari Kota Gunungsitoli, Ama.Nael Laoli kepada wartanias saat diwawancarai, Sabtu (17/01/2015) mengatakan dirinya bersama teman-temannya sengaja datang jauh-jauh dari Kota Gunungsitoli untuk mencari batu untuk bahan pembuatan batu akik disungai tersebut.

"Yahh, kami sengaja datang ke sungai mida ini untuk mencari bongkahan batu untuk pembuatan batu akik, disini bongkahan batunya bagus-bagus", ujar Anton disela-sela pencarian bongkahan batu akik.

Salah seorang warga desa Laehuwa yang juga berada dilokasi sungai mida Ama Yabe Mendrofa kepada wartanias mengatakan bahwa sejak dua bulan yang lalu banyak sekali orang-orang yang datang ke sungai tersebut untuk mencari bongkahan batu.

"Sejak sekitar dua bulan yang lalu orang-orang dari luar desa kami sering datang kesini hanya untuk mencari bongkahan batu yang katanya sebagai bahan pembuatan batu akik", ujar Ama Yabe

Ama Yabe juga mengatakan bahwa orang-orang yang datang ke sungai tersebut umumnya meminta bantuan anak-anak warga desa laehuwa untuk menemani mereka dalam mencari bongkahan batu disungai mida tersebut dengan imbalan sukarela.

Ditambahkanya, bahwa sebagian warga sekitar juga mengisi waktu luang mereka untuk mencari bongkahan batu di sungai tersebut yang kemudian di jual di Kota Gunungsitoli.

Pantauan wartanias di sungai mida tersebut Sabtu (17/01/2015) puluhan orang dengan cekatan memilah-milah berbagai jenis bongkahan batu untuk di bawa pulang. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara