Terbaru

Pemkab Nias Datangkan Investor Untuk Pembangunan Energi Listrik

Nias,- Pemerintah Kabupaten Nias mendatangkan investor dari PT. Isis Megah-V.Power Hongkong untuk menjejaki investasi pada bidang energi listrik dan bidang lainnya. 

Kedatangan investor tersebut terlihat pada acara penyambutan yang dilakukan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Nias yang dipimpin oleh Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli di ruang rapat Kantor Bupati Nias, jalan pelud binaka, Desa Ononamolo I Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Rabu (29/04/2015).

Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Vpower Group Hildings Limited beserta Manon Manugra yang memfasilitasi investor datang ke Nias.

"Kami berharap rencana investasi ini dapat kita kongkritkan melalui momerandum of understanding. Kami juga berharap dapat dijajaki peluang investasi pada sektor lainnya, terlebih kami berharap dapat dipublikasikan potensi yang kami miliki ini di dunia luar," ujarya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga memaparkan beberapa faktor yang menjadi kendala penghambat investasi di Kepulauan Nias secara umum yakni keterbatasan energi listrik.

"Salah satu faktor penghambat investasi di Kepulauan Nias selama ini adalah keterbatasan energi listrik. Kondisi kapasitas energi listrik yang disuplai oleh PLN masih belum mencukupi kebutuhan domestik, hal ini terlihat dari rasio elektrifikasi baru mencapai 50 % yang berarti masih 50 % lagi masyarakat di Kepulauan Nias belum menikmati listrik," ucapnya.

Kebutuhan akan energi listrik untuk domestik, sarana umum dan komersial menurut Bupati, akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ekonomi, industri dan investasi lainnya. Oleh karena itu lanjutnya, investasi pada bidang energi sangat dibutuhkan dan cukup prospektif di daerah tersebut.

"Berdasarkan analis kebutuhan energi listrik khususnya di wilayah kabupaten Nias tahun 2034 mencapai 60.809 KVA," ucapnya.

Bupati juga memperkenalkan kepada investor lokasi ekonomi dan wisata yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Nias adalah kawasan Soziona.

"Pada kesempatan ini kami memperkenalkan salah satu kawasan ekonomi dan wisata yang kami miliki adalah Kawasan Soziona, yang sangat prospektif untuk investasi di bidang pariwisata, industri pengolahan, dan bidang kelautan dan perikanan. Kawasan ini sedang kami benahi prasarana dan infrastruktur pendudukung, sehingga menjadi lebih feasible untuk investasi," ujarnya.

Turut hadir pada acara tersebut,Ketua DPRD Kabupaten Nias, Sekda, Kepala SKPD, Staf Ahli Bupati Nias, para Asisten, Kepala bagian, Camat dan Pimpinan BUMD dan BUMN Kabupaten Nias (MM)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara