Terbaru

Pemko Gunungsitoli Hadiri Rapat Kerja Apeksi 2015 Di Ambon

Gunungsitoli, WNC~ Pemerintah Kota Gunungsitoli menghadiri rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI) 2015 yang dilaksanakan di Kota Ambon pada 06 - 10 Mei 2015. Kegiatan itu dihadiri oleh Wakil Walikota Gunungsitoli Aroni Zendrato

Acara rapat kerja Nasional ini dibarengi dengan kegiatan pendukung yaitu pameran Indonesia City Expo 2015 yang berlangsung selama 5 hari di lapangan Merdeka Ambon dimana Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop & UMKM) Kota Gunungsitoli turut berpartisipasi memperkenalkan produk daerahnya.

Yang dipamerkan berupa oleh-oleh makanan antara lain dodol durian, keripik (bhs. Nias "Garufu Gamumu") yang memiliki rasa bervariasi. Selain itu menampilkan produk daerah lainnya berupa kerajinan dari kulit penyu seperti kipas, gelang dan cincin.

"Kemudian kerajinan dengan bahan batok kelapa berupa gantungan kunci, kotak tissue, asbak rokok, hiasan dinding, hiasan lampu, miniatur rumah adat, hiasan berbentuk burung beo dan lain sebagainya. Ada juga dari bahan baku rotan dalam bentuk lampion dan keranjang buah. Dan produk khas daerah yang sedang digemari saat ini yaitu Batu Akik Nias juga menarik banyak peminat ke stand pameran kita," ujar Anna D. Sitorus Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Gunungsitoli.

Minat pengunjung yang datang ke stand pemerintah Kota Gunungsitoli adalah keripik gamumu dan dodol. Selain itu yang menjadi trend saat ini yaitu Batu Akik Nias juga menjadi minat terbesar pengunjung selama pameran tersebut. Salah satu yang menggemari batu akik Nias adalah Walikota Jambi Syarif Fasha yang berkesempatan mengunjungi Stand Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Kota Ambon sendiri adalah tuan rumah penyelenggara kegiatan APEKSI XI dimana selain kegiatan pendukung diatas, juga menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara, Pagelaran Budaya Daerah, City Tour dan Ladies Program. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara