Terbaru

KPU Nias Selenggarakan Launching Tahapan Dan Tandatangani Pakta Integritas Untuk Pilkada 2015

Bupati Nias saat melepaskan balon ke udara  |Foto: Kristoven Tel
Nias,- Sebagai langkah awal dalam mewujudkan Pilkada Kabupaten Nias yang berintegritas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias menyelenggarakan launching tahapan dan sosialisasi pemilihan serta penandatanganan pakta integritas penyelenggara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015, di Halaman Kantor KPU Kabupaten Nias, Jalan Diponegoro, Kota Gunungsitoli, Jumat (05/6/2015).

Dalam kegiatan launching dan sosialisasi tahapan tersebut juga di isi dengan pemukulan sembilan gong (pertanda bahwa pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan 9 Desember dan penandatanganan Pakta Integritas yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Nias, dan turut disaksikan oleh Panwas Kabupaten Nias dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Nias.

Penandatanganan Pakta Integritas ini juga dilakukan oleh seluruh personil Sekretariat KPU Kabupaten Nias. Dan dilanjutkan dengan penyerahan pakta intergritas oleh Sekretaris KPU Kabupaten Nias kepada Ketua KPU Kabupaten Nias.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Nias, Abineri Gulo, menyampaikan suksesnya pemilukada tahun 2015 ini tentunya tidak terlepas peran dari seluruh stackholder dan semua lapisan masyarakat.

“Pada Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2014 yang lalu, KPU Kabupaten Nias telah menerima penghargaan sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas dari KPU Provinsi Sumatera Utara dan tentunya keberhasilan tersebut juga berkat dari dukungan para stackholders dan khususnya masyarakat Kabupaten Nias.” ucap Abineri.

Abineri juga berharap kepada mitra KPU khususnya kepada Media dan LSM berkeinginan untuk membantu para penyelengara pemilu dalam hal penyerbaluasan informasi melalui metode mengajak masyarakat untuk mengecek dirinya dalam daftar pemilih dan serta ajakan untuk ikut memilih pada 09 Desember 2015 mendatang.

Pada kesempatan itu, Abineri Gulo juga memberitahu bahwa KPU Kabupaten Nias telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk membahas dan mempersiapkan penganggaran.

"Akhirnya melalui kerjasama yang baik juga dukungan dari DPRD, Anggaran Pilkada telah dimasukkan melalui pembahasan APBD dan telah dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar Rp. 15, 5 Miliar. Sebagian anggaran telah masuk rekening KPU sebesar Rp. 4 Miliar," ujarnya.

Sementara itu Bupati Nias,Sokhiatulo Laoli dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabuapaten Nias siap mendukung dan memfasilitasi proses tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Pemerintah juga berniat mewujudkan Pilkada Kabupaten Nias tahun 2015 yang berintegritas, Bupati Nias menjamin tidak adanya intervensi dan akan selalu bersikap independen dalam setiap proses Pilkada nantinya. 

Tidak hanya itu, Sokhiatulo juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nias agar menggunakan hak pilihnya, juga berharap kepada penyelenggara Pemilihan agar berusaha menekan angka golput pada 09 Desember mendatang.

Selain pemukulan 9 (sembilan) Gong, KPU Kabupaten Nias juga melakukan pelepasan balon ke udara yang secara langsung dipimpin oleh Bupati Nias, serta pembukaan tirai sebagai pertanda memperkenalkan maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Tahun 2015 dengan lambang Burung beo Nias.

Dalam kegiatan launching dan sosialisasi tahapan tersebut, tampak hadir Pimpinan DPRD Kabupaten Nias, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Kepolisian Resort Nias, Pengurus Partai Politik Se-Kabupaten Nias, Ormas dan OKP Se-Kabupaten Nias, serta Pers dan LSM. (Kristoven Tel)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara