Terbaru

Pangdam I/BB Dan Pemko Gunungsitoli Panen Padi Perdana Bersama Di Idanoi

Gunungsitoli - Pangdam I / BB Mayjen Edi Rahmayadi beserta rombongan dari Medan, Sumatera Utara menghadiri Panen Perdana Penangkaran Benih Padi metode HAZTON di Desa Bawodesolo, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi-Kota Gunungsitoli, Jumat (05/06/2015).

Dalam sambutannya, Pangdam I/BB mengatakan tentang hubungan militer dengan ketahanan pangan dimana Ketahanan Pangan adalah bagian dari Ketahanan Nasional sehingga TNI AD bergandengan tangan dengan Pemerintah mendorong swasembada pangan sebagai bagian dari strategi membangun ketahanan nasional.

"Saya sudah kunjungi negara Thailand, dimana tanah di Thailand tidak sesubur di Nias ini, tapi Thailand lebih banyak punya tanaman yang dinikmati masyarakat bahkan dunia termasuk kita seperti buah lengkeng yang didatangkan dari Thailand dan berbagai macam hasil bumi lainnya. Oleh sebab itu mari kita bekerja keras untuk meningkatkan hasil bumi dari Nias ini, termasuk pengawasan peredaran pupuk agar harga makin terjangkau bagi petani," kata Mayjen Edi Rahmayadi.

Walikota Gunungsitoli Martinus Lase dalam sambutannya mengatakan bahwa Metode Teknologi Hazton ini pertama kali dilaksanakan di Kota Gunungsitoli dan Pulau Nias pada umumnya.

"Panen Perdana dengan Teknologi Hazton ini adalah merupakan karya nyata dari upaya kerja keras para petani kita serta dukungan dari semua pihak terutama dukungan dari Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara, Dandim 0213 Nias beserta seluruh Babinsa dan teristimewa kepada Kabid Bina Tanaman Pangan Ir.Jhon A Sinaga yang telah bersusah payah membimbing dan mengarahkan petani kita, untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujukan kesejahteraan dan kemakmuran dalam tatanan kehidupan masyarakat, ucap Martinus.

Adapun sebelum acara pelaksanaan panen perdana penangkaran benih padi metode Hazton, Pangdam I/BB melaksanakan penyerahan beberapa bantuan berupa Penyerahan secara langsung program Nawacita Presiden RI Desa Mandiri Benih kepada beberapa Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kota Gunungsitoli, Penyerahan Optimalisasi Padi Sawah seluas 1500 hektar yang diterima secara simbolis kepada beberapa kelompok tani.

Pangdam juga menyerahkan langsung bantuan pemberdayaan penangkaran benih padi seluas 50 hektar kepada ketua Gapoktan Talifuso Desa Tuhegeo I Kecamatan Gunungsitoli Idanoi menyerahkan 10 unit Handtraktor kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang diterima secara simbolis.

Selain penyerahan bantuan dari Pangdam I/BB, Wali Kota Gunungsitoli juga menyerahkan bantuan berupa Alat Mesin Pertanian kepada Dinas Pertanian Kota Gunungsitoli berupa 1 unit Traktor roda empat 49 pk, 3 unit Traktor roda empat 39 pk dan 1 unit Combine Harvester. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara