Terbaru

Pemerintah Kota Gunungsioli Gelar Acara MTQN Ke-IV Tahun 2015

Gunungsitoli – Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Bagian Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan (Kessos) pada Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli melaksanakan rangkaian acara Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang ke IV Kota Gunungsitoli Tahun 2015.

Pelaksanaan MTQN itu diawali dengan acara malam Ta’aruf pada hari Kamis (11/06/2015) di Aula Samaeri Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli. Selanjutnya pada hari Jumat (12/06/2015) dilaksanakan acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke IV Kota Gunungsitoli Tahun 2015 sekaligus penampilan Qari/ah sampai dengan acara Penutupan pada Senin (15/06/2015).

Walikota Gunungsitoli, Martinus Lase dalam arahan dan bimbingannya menerangkan bahwa pembangunan spiritual warga sesuai dengan agama dan kepercayaannya merupakan langkah strategis dalam membangun Kota yang Religius sebagai salah satu pilar demi terwujudnya Kota Gunungsitoli.

"Nilai-nilai keagama'an yang dimanifestasikan dalam keimanan dan ketaqwaan, merupakan filter ampuh untuk menyaring budaya global yang tidak sesuai dengan norma-norma dan kepribadian bangsa. Oleh karena itu, penyelenggaraan musabaqah tilawatil qur’an/mtq merupakan salah satu upaya yang sangat tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga muslim Kota Gunungsitoli, sehingga selalu menjadi prioritas dalam program kerja pemerintah Kota Gunungsitoli setiap tahun, meskipun kami menyadari bahwa fasilitasi pemerintah kota terhadap penyelenggaraan MTQ masih jauh dari harapan kita bersama, namun kami berkeyakinan bahwa langkah kecil yang kita lakukan bilamana didasari pada hati yang ikhlas dan semangat kebersamaan yang kokoh, maka pasti akan memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kemajuan dan kemandirian umat," Ujarnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Gunungsitoli Edison Ziliwu dalam sambutannya mengatakan akan berupaya pada tahun-tahun mendatang dapat memprogramkan pembinaan cabang-cabang tilawatil qur’an ini agar dapat memberikan pengaruh positif dalam peningkatan kemampuan para peserta.

"Kita brharap kiranya TPQ-TPQ tersebut bisa menjadi cikal bakal tempat tumbuh dan berkembangnya para calon qori-qori’ah Kota Gunungsitoli pada masa-masa yang akan datang," ujarnya.

Ketua Panitia MTQN ke IV Kota Gunungsitoli Ridwan Saleh Zega dalam laporannya mengatakan bahwa pembiayaan kegiatan tersebut telah ditampung di dalam anggaran Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli tahun 2015 Bagian Kessos dan Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan dalam Program Kemitraan Pengembangan Wawasan Kebangsaan dengan nama kegiatan adalah Fasilitasi Kegiatan-Kegiatan Keagamaan sebesar Rp.175.000.000.

Dana tersebut diperuntukan untuk kegiatan pelaksanaan MTQN-IV Kota Gunungsitoli dan Biaya Keikutsertaan Kafilah Gunungsitoli pada Penyelenggaraan MTQN Provinsi Sumatera Utara Tahun 2015 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2015 di Kabupaten Asahan.

"Mengenai anggaran ini dirasa masih ada kekurangan disana-sini dan kiranya perlu peningkatan untuk anggaran tahun berikutnya dengan usulan sebesar Rp. 250.000.000," ujar Ridwan mengakhiri laporannya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara