Terbaru

Pemkab Nias Gelar Festival Seni Budaya Dan Alat Musik Tradisional

Nias,- Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata menggelar Festival Seni Budaya Tradisional dan Festival Musik Tradisional andalan masing-masing Kecamatan Se-Kabupaten Nias yang dilaksanakan di Lapangan Beringin, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, dari tanggal 22-24/06/3015.

"Tujuan kita melaksanakan Festival ini adalah supaya para pemuda dan masyarakat Nias pada umumnya tidak akan pernah lupa akan budaya tradisional Nias," ujar Atobali Laoli, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata sekaligus sebagai Ketua Panitia kepada Wartanias.com disela-sela kegiatan, Selasa (23/06/2015).

Kegiatan Festival dengan tema 'Niasku Maju, Budayakan Lestari dan Berkembang' tersebut diikuti oleh 10 Kecamatan yang ada wilayah Kabupaten Nias. Jumlah peserta masing-masing Kecamatan adalah 10-30 orang dan diwajibkan mengenakan busana bernuansa khas Nias.

Informasi yang didapatkan dari panitia pelaksana, Festival Seni Budaya Nias yang ditampilkan oleh para peserta adalah Tari Tuwu, Maena Baluse, Folaya Famadogo Omo, Maena Fona, Ololambawi, Folaya Bazimate, Tari Moyo, Fangowai Fame'afo, Famotu Fame'e Ni'owalu dan Tari Hiwo.

Selain Festivas Seni Budaya Tradisional, para peserta juga menampilkan Festival Musik Tradional. Festival musik tradisional itu juga diikuti oleh 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Nias.

Adapun beberapa alat musik tradisional yang di mainkan dan ditampilkan oleh para peserta adalah Gondra, Aramba, Faritia, Tamburu, Doli-doli, Tutuhao, Fondrahi, Koroso, Lagia, Koko, Sigu, Surune, Durimbaloduhi dan Riti-riti.

Pantauan wartanias, Kegiatan Festival tersebut di buka secara resmi oleh Bupati Nias, Sokhi'atulo Laoli. Para peserta dari masing-masing Kecamatan sangat antusias mengikuti Festival tersebut dengan gembira. Pada Festival itu, Kecamatan Ulugawo tidak mengikutsertakan pesertanya tanpa alasan yang jelas. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara