Terbaru

Pelabuhan Penumpang Penyeberangan Kapal Ro Ro Dibangun Di Siwalubanua II

Gunungsitoli Idanoi,- Pelabuhan penumpang untuk penyeberangan kapal Ro Ro mulai dibangun di Desa Siwalubanua II, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, tepatnya di Eks.tempat perayaan PGI di Kepulaan Nias.

Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Wali Kota Gunungsitoli, Martinus Lase dilokasi pembangunan, Rabu (19/08/2015) pagi.

Sebelum acara peletakkan batu pertama, Martinus Lase pada arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa pembangunan pelabuhan penumpang untuk penyeberangan kapal ro ro yang dibangun tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kota Gunungsitoli dengan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI.

"Pemerintah Kota Gunungsitoli telah merencanakan pembangunan pelabuhan ini dari tahun 2011, dan kita bersyukur pada hari ini pembangunannya bisa dimulai," ujarnya.

Martinus memaparkan bahwa tujuan pembangunan pelabuhan itu demi kelancaran arus penyeberangan penumpang baik dari Kota Gunungsitoli ke Sibolga dan sebaliknya. Sebab pintu gerbang kelancaran usaha baik dibidang industri, pariwisata, perdagangan dan lainnya adalah di Kota Gunungsitoli.

"Pelabuhan penumpang yang dibangun ini kalau sudah selesai maka akan menjadi milik Pemerintah Kota Gunungsitoli," ujarnya dengan disambut tepuk tangan dari hadirin.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Nimrod Doloksaribu kepada wartanias.com mengatakan bahwa anggaran untuk pembangunan pelabuhan itu bersumber dari APBN sebesar Rp.82 Miliar.

"Untuk tahun ini anggaran dicairkan sebesar Rp.50 Miliar dan tahun 2016 mendatang akan dicairkan Rp.32 Miliar. Jadi biaya keseluruhan pembangunan ini sebesar Rp.82 Miliar," ujarnya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara