Terbaru

22 Desa Di Kabupaten Nias Terima Dana Desa Dari Pemerintah

Nias,- Sebanyak 22 Desa yang ada di Kabupaten Nias menerima anggaran dana bantuan Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nias.

Pencairan Dana Desa tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Pemerintah Pencairan Dana secara simbolis kepada 6 Desa oleh Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli di ruang oval Lantai III, Kantor Bupati Nias, Selasa (01/09/2015).

Bupati  Nias, dalam arahannya menyampaikan bahwa bantuan Keuangan Pemerintah Kepada Pemerintah Desa pada Tahun 2015 berasal dari dua Sumber Pendanaan yakni
Bantuan Keuangan yang bersumber dari APBN melalui Program Dana Desa sebesar Rp. 46.241.140.000,- yang di bagi kepada170 Desa se-KabupatenNias.

Sumber pendanaan yang lain menurut Bupati adalah bantuan Keuangan yang bersumber dari APBD Kabupaten Tahun Anggaran 2015 melalui dua program yakni Tunjangan Pendapatan Aparat Pemerintah Desa (TPAPD) sebesar Rp. 4.297.200.000.- yang di bagi ke-170 Desa se Kabupaten Nias dan Dana Pemberdayaan Desa dan Kelurahan (DPDK) sebesarRp. 4.250.000.000 yang juga di bagi ke-170 Desa se-Kabupaten Nias.

Lebih lanjut, Sokhiatulo juga berpesan kepada seluruh aparat desa yang menerima Bantuan dana Desa tahap pertama agar bantuan dana yang diterima benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya demi tercapainya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

"Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2016 telah memprioritaskan pelaksanaan program Alokasi Dana Desa (ADD) dengan menganggarkan pagu sebesar  5 % dari total dana transfer daerah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Nias menjelaskan terkait dengan berbagai isu yang beredar di kalangan masyarakat dan Pemerintah Desa dimana TPAPD seolah-olah tidak akan dicairkan.

"Isu tersebut adalah tidak berdasar, mekanisme pencairan TPAPD telah menyatu dengan APBDes itu sendiri sehingga secara aturan tidak memungkinkan untuk dicairkan bila APBDes belum tersusun dengan baik dan benar," ucapnya.

Turut hadir pada acara itu, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH , Sekda Kabupaten Nias Drs. F.Yanus Larosa, M.AP , Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Nias Maimun Zebua, BA dan Kepala BPMD&K Kabupaten Nias Yulianus Zai, S.Sos, M.Si. (MM)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara