Terbaru

Hindari Krisis dan Kenaikan Harga Pangan, Pemkab Nias Adakan Program Swasembada Beras Daerah

Nias,- Untuk menghindari krisis pangan dan kenaikan berbagai harga pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias pada tahun 2016 mendatang akan mengadakan program swasembada beras daerah dan optimalisasi lahan sawah melalui program rehabilitasi sarana irigasi pertanian.

Hal itu dikatakan Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli saat membuka secara resmi Rapat Dewan Ketahanan Pangan yang berlangsung di Aula Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKPPP) Kabupaten Nias, Rabu (23/09/2015).

"Saat ini Kabupaten Nias sedang dihadapkan pada krisis pangan dan kenaikan berbagai harga pangan, antara lain naiknya harga bahan pangan di pasaran, konsumsi masyarakat Kabupaten Nias masih didominasi oleh beras, dan bertambahnya jumlah penduduk, yang berarti memerlukan penambahan pangan untuk dikonsumsi," ujarnya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Bupati berharap agar fokus pada program swasembada beras daerah.

"Saya menghimbau kepada seluruh peserta rapat untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi saat ini dengan memfokuskan pada program Swasembada Beras Daerah dan optimalisasi lahan sawah melalui program rehabilitasi sarana irigasi pertanian dan penyediaan sarana prasarana pertanian," ucapnya.

Selain itu, Bupati yang juga sebagai Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias mengatakan bahwa untuk tercapainya tujuan dan sasaran pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Nias, ia juga meminta perhatian khusus seluruh Dinas terkait, Badan dan Camat se-Kabupaten Nias untuk melakukan beberapa hal, yakni agar Dewan ketahanan Pangan Kabupaten Nias di dukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan alokasi dana APBD yang memadai.

"Camat selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan di tingkat Kecamatan, agar terus meningkatkan produksi pangan, mempersiapkan lahan pangan yang cukup dan memanfaatkan lahan-lahan yang belum dimanfaatkan di daerahnya, mencegah terjadinya alih fungsi lahan sawah, melakukan pengawasan terhadap kinerja penyuluh pertanian, mendorong peningkatan citra petani sehingga diminati oleh generasi penerus dengan meningkatkan kepedulian dan kesejahteraan petani," ujar Bupati

Turut hadir pada rapat tersebut, Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, Mewakili Dandim 0213 Nias, anggota Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias, Kepala SKPD Terkait dan Camat se-Kabupaten Nias. (MM)

 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara