Terbaru

Tahun 2015, Pemkab Nias Keluarkan Dana Rp.1 Miliar Untuk Kegiatan Koperasi

Nias,- Pada Tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten Nias menganggarkan dan mengeluarkan dana sebesar Rp.1 Miliar untuk kegiatan pelatihan bagi pengurus dan pengelola koperasi di wilayah Kabupaten Nias.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-68 Tahun 2015 yang digelar oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kegiatan Menengah (UKM) Kabupaten  Nias, di Gedung Serba Guna, Kantor Kecamatan Huliserangkai, Kabupaten  Nias, Selasa (08/09/2015).

"Khusus dalam pembiayaan, tahun ini pemerintah telah mengeluarkan dana bergulir sebesar satu milyar rupiah dan akan melaksanakan pelatihan bagi pengurus dan pengelola Koperasi di Kabupaten Nias," ujar Sokhiatulo.

Melalui peringatan HUT Koperasi Indonesia ke-68 yang mengusung tema Memperkokoh Koperasi Sebagai SokoGuru Perokonomian, Sokhiatulo mengatakan bahwa untuk memperkokoh Koperasi sebagai SokoGuru Perekonomian Nasional, Pemerintah sepakat ingin membangun Koperasi di Kabupaten Nias yang lebih berkualitas dan mampu berperan dalam perekonomian Nasional.

"Bukan saja sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, tetapi juga dalam penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran," ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Nias (Dekopindo) Mareti Waruwu, mengatakan bahwa koperasi di Kabupaten Nias membutuhkan support dari Pemerintah Daerah khususnya segi permodalan dan juga pelatihan-pelatihan bagi koperasi, sehingga koperasi yang ada di Kabupaten Nias dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Nias.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Nias, Waozatulo Harefa sebagai penyelenggara kegiatan mengajak seluruh anggota Koperasi di Kabupaten Nias supaya melanjutkan pemberdayaan Gerakan Koperasi sebagai Soko Guru ekonomi yang pro rakyat dengan cara memasyarakatkan Koperasi dan mengkoperasikan masyarakat menjadi pecinta-pecinta Koperasi. 

"Sehingga Koperasi yang sekarang ada di Kabupaten Nias sebanyak 123 unit dan UKM sebanyak 977 unit menjadi wadah dan Soko Guru ekonomi rakyat yang mantap dalam berbagai Bidang," Ujar Wa'ozatulo Harefa.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, Unsur Muspida Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kaban dan Kadis Lingkup Kabupaten Nias, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Nias, Unsur Muspika Kecamatan Hiliserangkai, Kabag Lingkup Setda Kabupaten Nias dan Camat se-Kabupaten Nias. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara