Terbaru

Tiga Siswi SMK Swasta Pembda Nias Masuk 10 Besar Festival Pembuatan Film Se-Sumut

Gunungsitoli,- Tiga Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Pembangunan Daerah Nias (Pembda Nias) berhasil masuk 10 besar perlombaan pembuatan Workshop Film se-Sumatera Utara (Sumut).

Festival tersebut di gelar oleh YAKOMA-PGI bekerja sama dengan Rumah Karya Indonesia dan Aliansi Sumut Bersatu

"Berdasarkan undangan kepada seluruh siswa dan siswi SMA,SMK dan MA sederajat beberapa waktu yang lalu, kita dari SMKS Pembda Nias mengikuti Festival Film yang berteme Bhineka Tunggal Ika tersebut," ujar Yunus Gea,S.Kom, Guru SMKS Pembda Nias kepada Wartanias.com melalui telepon selullernya, Minggu (13/09/2015).

Sebelumnya, menurut Yunus sekitar 40 judul Film telah dikirim oleh Siswanya melalui email panitia festival. Dari 40 judul Film tersebut terdapat satu judul Film yang behasil masuk dalam kategori 10 besar yakni berjudul '90 Menit'.

"Judul Film '90 Menit' itu ditulis oleh siswi kami atas nama Nafhatil Riski Hulu, Zulinis Noniati Kristiani Zega dan Dini Mawaddah Bugis," ucap Yunus Gea yang juga sebagai pembimbing ketiga siswi tersebut dalam membuatan Film.

Selanjutnya ketiga siswi tersebut kata Yunus, berhak mengikuti pelatihan pembuatan Film berdurasi 10 menit yang dilaksanakan di Siantar Hotel, Pematang Siantar, Sumatera Utara dari tanggal 11-13 September 2015.

"Siswi tersebut telah mengikuti pelatihan di Pematang Siantar dibawah bimbingan saya sendiri," ujarnya.

Menurut dia, setelah selesai mengikuti pelatihan, para siswi tersebut akan kembali ke Nias dan melanjutkan pembuatan Film untuk di lombakan pada  27-31 Oktober 2015 mendatang di Jong Bataks Arts Festival. Namun ia mengeluh tentang dana yang sangat minim yang disediakan oleh panitia.

"Pembuatan Film itu dilaksanakan di daerah masing-masing, namun kita terkendala dengan masalah pendana'an dimana panitia hanya menganggarkan 1 juta rupiah.  Anak-anak ini berharap ada uluran tangan dari pihak lain, baik Sekolah, Pemerintah, Dinas Pendidikan, dan tokoh yang tergerak hatinya mau memajukan Daerah Nias dari segi perfileman," ujarnya. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara