Terbaru

Tim Dari Kementerian RI Tinjau Langsung Lokasi Calon Ibu Kota Kabupaten Nias di Gido

Nias,- Tim terpadu lintas kementerian dan Lembaga Republik Indonesia meninjau langsung calon Ibu Kota Kabupaten Nias yang berlokasi di Desa Hilizoi, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Kamis (10/09/2015).

Tim tersebut terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, Kementerian Setneg, Badan Informasi Geospasial, Dittopad dan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Pada penyambutan Tim Kementerian RI ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Firman Yanus Larosa menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten nias telah siap untuk memindahkan pertapakan Ibu Kota ketempat yang telah direncanakan yakni di Desa Hilizoi.

"Di Hilizoi telah dibangun infrastruktur jalan dan pembanguanan gedung perkantoran serta kelengkapan-kelengkapan administrasi lainnya," ujarnya.

Dari hasil ekspos dan penijauan langsung ke lokasi calon Ibu Kota Kabupaten Nias, Tim tersebut menyampaikan kesimpulan yakni dari kondisi geografis, Calon Ibu Kota terletak diketinggian kurang lebih 50 meter dari permukaan laut.

Dari kesesuain tata ruang, lahan, sosial, budaya dan sejarah, politik dan ke'amanan, sarana dan prasarana serta aksebilitas dengan memperhatikan keterjangkauan pelayanan, Tim menyampaikan bahwa hal tersebut telah terpenuhi.

Sistem jaringan, prasarana transportasi darat sudah memadai di lokasi calon ibu kota dengan memperhatikan keterjangkauan pelayanan dalam wilayah Kabupaten.Terdapat  sebanyak enam SKPD di wilayah Kecamaran Gido sehingga menunjang dalam kegiatan pemerintahan. Selanjutnya aspek-aspek yang masih belum akan di proses secara Simultan.

Pasca peninjauan Lokasi Calon Ibu Kota, Tim tersebut akan membentik Tim Penyusun RPP tentang pemindahan ibu kota dengan di koordinir oleh Ditjen BAK Kemendragri.

Hadir pada peninjauan itu, Direktur Toponimi dan Batas Daerah Ditjen BAK Kemendagri Dr. Tumpak Haposan, Ma, Asisten Deputi Bidang Pemdagri dan Otda Kementerian Setneg slamet Karyono, SH, MH, Kabag Pemerintahan Pemprov Sumatera Utara Aswin lubis dan rombongan. (MM)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara