Terbaru

BPS Nias Selatan Rekrut 256 Orang Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016

Nias Selatan,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nias Selatan membutuhkan sebanyak 256 orang tenaga petugas sensus ekonomi pada tahun 2016 ini. Dari jumlah tersebut, BPS merekrut 180 orang pencacah lapangan dan 76 pengawas.

Ditemui di Gunungsitoli, Plt.Kepala BPS Nias Selatan, Drs.Rinaldi mengatakan akan membuka pendaftaran calon petugas sensus ekonomi tersebut mulai 1 - 5 Februari 2016.

"Kita membuka pendaftaran pada tanggal 1 sampai 5 Februari nanti. Pendaftaran dilaksanakan di Kantor BPS Nias selatan. Seluruh pendaftar akan kita seleksi sesuai dentan ketentuan," ucap Rinaldi, Jumat 29/02/2016.

Rinaldi menambahkan bahwa khusus kecamatan yang ada di pulau-pulau, pendaftaran akan dilaksanakan oleh Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) di tiap kecamatan. Hal itu dilakukan karena jarak tempuh antara kecamatan tersebut sangat jauh dari kantor BPS.

"Kalau kecamatan yang jauh, misalnya yang ada di pulau-pulau, perekrutan akan dilaksanakan oleh Koseka," ujarnya.

Khusus kecamatan Mazino, menurut Rinaldi juga perekrutannya akan dilakukan oleh Koseka. Itu disebabkan karena kecamatan tersebut sedang mengalami konflik dalam lingkungan masyarakat.

"Masa kerjanya selama satu bulan lebih yang akan dimulai pada bulan Mei. Nantinya mereka dapat honor Rp2,6 juta sampai Rp.3 juta. Sebelum itu nanti mereka akan kita latih dan bina dulu secara serentak,” ucapnya.

Dalam pekerjaan sensus ini nantinya, lanjut Rinaldi, petugas bekerja dengan mempedomani peta block sensus yang telah disiapkan.

Seperti diketahui, BPS akan melakukan sensus ekonomi tahun 2016 untuk mendapatkan potret utuh perekonomian bangsa sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Sensus ekonomi ini nantinya akan menghasilkan gambaran lengkap level dan struktur ekonomi non pertanian serta informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia dan penyediaan kebutuhan informasi usaha. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara