Terbaru

DPRD Sumut Bahas Penyaluran RASKIN di Kabupaten Nias

Rombongan DPRD Sumut | Foto: Humas Kab. Nias
Nias, Pemerintah Kabupaten Nias menerima kunjungan Komisi B DPRD provsu dan Biro Perekonomian Setda Provsu di Ruang Rapat Lantai I Kantor Bupati Nias, Kamis (11/02/2016).

Rombongan Komisi B DPRD Provsu yang diketuai oleh Patar Sitompul sebagai Wakil Ketua Komisi B, Sekretaris Komisi B Aripay Tambunan dan Anggota Komisi B DPRD Provsu, Indra Alamsyah, Hj. Helmiati , H. Chaidir Ritonga, Wasner Sianturi, Siti Aminah Br perangin-angin, Jantoguh Damanik, Jenny Riany Lucia Berutu, Lidiani Lase, Ramses Simbolon, Donald Lumban Batu, H. Robby Anangga, H. Ikrimah Hamidy, Dra. Delmeria, H.Bustami HS, MM, Ir. Tigor Lumbantoruan dan Biro Perekonomian Setda Provsu diwakili oleh Kabag Ekonomi.

Pada kesempatan tersebut Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Ahd Darwis Zendrato, S.Sos Kabupaten Nias memaparkan kondisi perekonomian daerah Kabupaten Nias, dimana struktur perekonomian Daerah Kabupaten Nias yang didominasi oleh yaitu Sektor Pertanian terutama sub sektor perkebunan karet, kelapa, kakao dan hasil perkebunan rakyat lainnya. 

Lebih lanjut ungkapnya, bahwa untuk mendorong pertumbuhan Perekonomian Daerah Kabupaten Nias dan pembukaan lapangan kerja, pemerintah kabupaten nias sesuai potensi yang dimiliki sangat menjanjikan dan terbuka terhadap beberapa jenis peluang investasi seperti :Industry pengolahan hasil pertanian dan perikanan yang meliputi; industry Crumb Rubber, industry pengolahan kakao, industri pembuatan tepung pisang, industri pengalengan ikan. 

Selanjutnya pada kesempatan yang sama Ahd Darwis Zendrato, terkait dengan kunjungan Komisi B DPRD Provsu yang membahas mengenai penyaluran Beras Raskin kepada Masyarakat, beliau menjelaskan bahwa sesuai dengan pagu Raskin yang didapatkan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2014 sebesar 1.746.720 (satu juta tujuh ratus empat puluh enam ribu tujuh ratus dua puluh ribu) kg/pertahun dengan realisasi penebusan 97.56 % dan pagu raskin tahun 2015 sebesar 1.828.980 (satu juta delapan ratus dua puluh delapan Sembilan ratus delapan puluh)kg/pertahun dengan realisasi penebusan 98.79%, penambahan dari 2014 ke 2015 mengalami peningkatan di karenakan bergabungnya 5 desa dari kabupaten nias barat.

Pada akhir sambutannya, menyampaikan harapan kepada komisi B DPRD Provsu kiranya senantiasa memberikan dukungan dan dorongan pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mendukung setiap program Daerah Kabupaten Nias dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Nias khususnya sehingga Kabupaten Nias dapat terlepas dari ketertinggalan atau dapat sejajar dengan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini tersebut direspon oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Provsu Sumatera Utara Patar Sitompul seraya berjanji akan membantu dan mendorong serta memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Nias di tingkat Provinsi dan bahkan ditingkat Pusat yang terkait dengan tugas dan fungsi Komisi B DPRD Provinsi Sumatera Utara. (MM)

Iklan

Loading...
 border=