Terbaru

Ini Penjelasan PLN Gunungsitoli Terkait Listrik Yang Sering Padam

Krisantus. | Foto:Budi Gea
Gunungsitoli,- Pada minggu-minggu terakhir ini, listrik di pulau nias khususnya di Nias Barat, Nias Utara, Nias Induk dan Kota Gunungsitoli sering padam. Parahnya Pemadaman itu bisa berlangsung lama dalam sehari.

Seperti diutarakan Riky Gulo, salah seorang warga di Nias Utara mengatakan bahwa pernah selama satu hari lebih, listrik di daerah mereka padam. Aktivitas sehari-hari dalam keluarganya akhirnya dikerjakan secara manual dan menggunakan waktu yang sangat lama.

"Ia bang, pada jumat kemarin, seharian listrik padam di daerah kami, kami sangat kesal padahal kami tidak pernah terlambat bayar rekening," ucapnya.

Bahkan di media sosial khususnya facebook, sebagian besar nitizen dari kepulauan nias mengkritik kinerja PLN Gunungsitoli. Tidak sedikit dari mereka mengancam akan melakukan aksi unjukrasa di kantor PLN.

Menanggapi itu, Manager PLN Rayon Kota Gunungitoli, Krisantus memberikan penjelasan penyebab pemadaman yang terjadi selama kurang lebih satu bulan belakangan ini.

Melalui sambungan telepon sellulernya,Krisantus menjelaskan bahwa rata-rata penyebab pemadaman yang terjadi secara tiba-tiba adalah akibat tumbangnya pohon yang menimpa kabel jaringan dan juga karena layangan yang tersangkut di kabel listrik.

"Rata-rata pohon yang roboh itu adalah kelapa dan karet. Efek dari hal tersebut menyebabkan Supply tegangan melalui jaringan TM (20 KV) terganggu. Sehingga menyebabkan padam, bahkan material SUTM mengalami kerusakan sehingga perlu diganti," ujar krisantus yang baru menjabat kurang lebih dua bulan sebagai Manager PLN Gunungsitoli, Sabtu (06/02/2016).

Untuk itu, Krisantus berharap kepada masyarakat bila mana memiliki pohon atau tanaman lainnya yang berdekatan dengan jaringan PLN agar bersedia menginformasikannya kepada pihak PLN dan merelakan tanaman tersebut di pangkas pihaknya, guna kelancaran aliran listrik ke rumah-rumah masyarakat.

"Didaerah-daerah tertentu banyak oknum masyarakat yang tidak merelakan tanamannya untuk dipangkas, jadi kami meminta kesadarannya untuk merelakan tanaman itu di pangkas," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kondisi cuaca yang sangat buruk akhir-akhir ini menyebabkan banyak dahan pohon yang menyentuh jaringan PLN menyebabkan listrik padam.

"Perlu kami sampaikan juga bahwa akhir-akhir ini cuaca di Pulau Nias lagi musim hujan, sehingga seringkali menyebabkan dahan atau pohon menyentuh jaringan PLN yang juga dapat menyebabkan listrik padam," pungkasnya. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara