Terbaru

Pemkab Nias Gelar Acara Peringatan Hari Kartini Tahun 2016

Nias,- DPW Kabupaten Nias dan TP-PKK Kabupaten Nias, menggelar acara dalam rangka Peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan di pendopo Bupati Nias, Kamis (28/04/2016).

Peringatan Hari Kartini itu mengusung tema “Dengan semangat kartini kita tingkatkan kualitas keluarga yang mandiri dan Kreatif” . Tema tersebut terinspirasi semangat ibu-ibu Dharma Wanita dan PKK Kabupaten Nias yang tanpa kena lelah terus berkarya, berkreasi dan berkreatifitas demi keberlangsungan kehidupan yang harmonis dan dinamis. 

"Hal ini menunjukan bahwa spirit R.A Kartini yang usahanya memajukan kaum wanita telah merasuk dalam sanubari ibu-ibu seluruh Anggota Dharma Wanita dan PKK Kabupaten Nias," ucap Ny.Adi Fonaso Laoli, ketua pelaksana kegiatan itu.

Peringatan Hari Kartini Tahun 2016 itu dimeriahkan dengan Lomba berbusana Kartini, Lomba Merangkai Bunga Meja hidup dan Lomba membuat Kulit Ketupat yang diikuti oleh unsur DWP dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias.

Penasehat DWP Kabupaten Nias Ny.Tikna Murni S. Laoli mengatakan untuk meneruskan cita-cita ibu Kartini perempuan Nias harus ikut memperjuangkan hak-hak perempuan, membangun kecerdasan,dan menebar kedamaian diatas muka bumi ini. 

"Kartini masa kini adalah Kartini yang mandiri Dan kreatif yakni tetap berprestasi, cerdas, kritis dan berani melakukan terobosan untuk suatu perubahan yang lebih baik dalam keluarga dan untuk kemajuan bangsa dan negara yang kita banggakan ini. Semoga semangat kartini dalam melahirkan pencerahan dan perubahan selalu kita gelorakan demi kemajuan kaum perempuan dan demi generasi penerus bangsa yang berkualitas," ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli pada sambutannya mengatakan dalam kegiatan pembangunan di Kabupaten Nias khususnya di bidang pemberdayaan perempuan, peran dan partisipasi kaum perempuan sangat perlu sebagai motor penggeraknya.

"Dalam upaya meningkatkan kesehatan, khususnya Ibu dan Anak, menurunkan angka kematian Ibu melahirkan dan angka kematian Bayi, mendukung dan memotivasi Anak-anak kita agar mau belajar dan menuntut Ilmu, mendukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan perempuan," ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Nias peranan kaum perempuan tak terlepas dari dukungan Bapak atau Suami. Dengan harapan suami terus memberikan dukungan, toleransi dan mengikhlaskan sebagian waktu kepada Ibu-ibu sehingga keterampilan dan SDM kaum Ibu semakin meningkat.

Bupati menghimbau kepada Ibu-ibu atau seluruh kaum perempuan agar menjadi motivator dan motor penggerak dalam mendukung kegiatan pemerintah, baik di bidang pembangunan maupun di bidang sosial kemasyarakatan, terutama di wilayah Kabupaten Nias.(MM)

Iklan

Loading...
 border=