Terbaru

Dirjen Ketenagalistrikan Kunjungi PLTD Idanoi Dan Moawo Untuk Memastikan Listrik Tetap Nyala

Nias,- Untuk memastikan kondisi kelitrikan di Pulau Nias, Sumatera Utara, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jarman melakukan kunjungan lapangan ke Pulau Nias, Kamis (26/05/2016).

Seperti dikutip dari halaman website kementerian energi dan sumber daya mineral direktoral jenderal ketenagalistrikan Republik Indonesia, Dalam kunjungannya itu, Jarman melakukan pemantauan progres pembangunan dan pemasangan PLTD Sewa Idanoi 18 Mega Watt yang berasal dari PT. ASJ dan PT. BGP.

Ia juga melakukan kunjungan ke PLTD Moawo dan pengatur distribusi di Moawo untuk memastikan kecukupan pasokan daya listrik bagi masyarakat setempat. Pemerintah melalui Kementerian ESDM ingin memastikan bahwa tidak ada lagi pemadaman bergilir di Pulau Nias.

Untuk diketahui, saat ini sistem kelistrikan di Pulau Nias memiliki beban puncak 25,97 MW dengan total daya mampu pembangkit 40,2 MW yang disuplai dari PLTD Moawo, PLTD Teluk Dalam serta PLTD Sewa tersebar di Moawo, Idanoi dan Teluk Dalam. Oleh karena itu cadangan sistem Pulau Nias saat ini mencapai 14,23 MW.

Untuk meningkatkan pasokan daya listrik di Pulau Nias, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM meminta PT. PLN (Persero) segera menyelesaikan pemasangan PLTD Sewa Idanoi 12 MW dan 6 MW serta PLTD Teluk Dalam sebesar 6 MW.

PT PLN (Persero) sendiri telah menyiapkan operasi mobile genset sebanyak 39 unit dengan rata-rata kapasitas 100 kVA per unit yang disiagakan pada jaringan SUTM 20 kV dan mengoperasikan unit-unit mesin cadangan pada PLTD Sewa.

Menurut Jarman, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan akan terus menempatkan Inspektur Ketenagalistrikan dan pegawai Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan di Pulau Nias untuk mengawasi progres pembangunan PLTD Sewa sampai dengan selesai.

Dalam kunjungannya, Jarman didampingi beberapa pejabat dan inspektur ketenagalistrikan di Kementerian ESDM. Hadir pula dalam kunjungan tersebut Kepala Divisi Operasi Regional Sumatera PT PLN (Persero), GM Wilayah Sumatera Utara PT PLN (Persero) dan jajaran PT PLN (Persero) Area Nias. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara