Terbaru

Lima Tarian Tradisional Ditampilkan Pada Pentas Seni Siswa SMPS Idanoi

Gunungsitoli Idanoi,- Untuk menghargai keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia, Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMPS) Idanoi mempersembahkan beberapa tarian dan lagu daerah dari beberapa suku dan daerah yang ada di Indonesia.

Penampilan tarian dan lagu daerah tersebut digelar pada Pentas Seni Siswa SMPS Idanoi di Aula Gedung SMPS Idanoi, Jalan Pelud Binaka, Desa Siwalubanua II, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Selasa (24/05/3016).

Adapun lima tarian dan lagu daerah yang dibawakan adalah Tari Moyo dari Pulau Nias, Tari Tor-tor dari Batak Karo atau Sumatera Utara, tari Maengket dari Sulawesi Utara, tari Cakalele dari Maluku Utara dan tari Genjring dari Jawa Barat. Pada pertunjukan itu para siswa turut mengenakan baju adat setiap suku dan daerah.

"Tujuan diadakannya pentas seni siswa ini untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling menghargai antara budaya dan suku di Indonesia ini," ucap Kepala Sekolah SMPS Idanoi, Faevman Gea kepada wartanias.com.

Selain untuk menumbuhkan rasa saling menghargai, menurut Faev Gea, Pentas seni itu juga bertujuan untuk menggali bakat para siswa diberbagai bidang, baik dalam bidang musik, keterampilan, budaya dan vokal.

"Saya berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan di setiap sekolah supaya para generasi muda ini bisa berkarya setelah menamatkan studi. Tingkatkanlah kuantitas dan kualitas secara berbarengan agar disenangi oleh masyarakat," ucap Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Anotona Gea dalam sambutanya.

Selain pertunjukan tarian dan lagu budaya dari beberapa daerah, Pentas Seni Siswa itu juga menampilkan beberapa keterampilan siswa mulai dari membuat pernak pernik Rumah adat Nias, kincir air, alat belajar siswa dan tas sekolah.

Pentas Seni itu juga menggelar lomba vokal trio dari peserta siswa Sekolah Dasar Negeri Tetehosi, Idanotae dan Bakaru di Gunungsitoli Idanoi.

Siswa SMPS Idanoi mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan pentas seni tersebut. Selain bisa mengenal keanekaragaman suku dan budaya Indonesia, kegiatan itu bisa menumbuhkan serta mempererat rasa cinta tanah air siswa.

"Sangat senang bang, rupanya Indonesia itu kaya akan budayanya. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami," ucap Jamil Lurus Dohona, salah seorang siswa. 

Hadir pada acara Pentas Seni Siswa tersebut, Yayasan SMP Swasta Idanoi, Pengawas Sekolah, Alizatulo Waruwu, Kepala Sekolah dan Guru dibeberapa sekolah diKecamatan Gunungsitoli Idanoi. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara