Terbaru

Puluhan Kapal Motor Disumbangkan Pemerintah Kota Gunungsitoli Kepada Nelayan



Gunungsitoli,- Sebanyak 32  kelompok nelayan yang ada di Kota Gunungsitoli mendapatkan bantuan kapal motor dari Pemerintah Kota Gunungsitoli. Para nelayan mengaku senang atas bantuan tersebut.

Penyerahan bantuan kapal motor oleh pemerintah tersebut dilaksanakan di Pasar Luaha, Eks Tempat Pelelangan Ikan Kota Gunungsitoli, Selasa (10/05/2016)
  
Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian,Peternakan,Kelautan dn Perikanan, Eliyunus Waruwu menyerahkan secara simbolis kapal-kapal tersebut kepada nelayan.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Kelautan dan Perikanan Kota Gunungsitoli,Eliyunus Waruwu dalam laporannya memaparkan bahwa dalam rangka meningkatkan produksi perikanan tangkap nelayan, maka Pemko Gunungsitoli melakukan pengadaan armada penangkapan ikan yaitu Kapal Motor 7 Gross Tone (GT) dan Kapal Motor 0,5 GT beserta kelengkapannya kepada 32 kelompok nelayan yang tersebar di 4 (empat) Kecamatan se-Kota Gunungsitoli.
 
Pengadaan kedua jenis kapal motor beserta kelengkapannya ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus Tahun Anggaran 2015 dan Dana Alokasi Umum APBD Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2015.

Dalam Arahannya, Wakil Walikota Gunungsitoli menyampaikan bahwa subsektor perikanan tangkap merupakan penyumbang produksi ikan terbesar di Kota Gunungsitoli. Dimana pada tahun 2015, produksi perikanan laut Kota Gunungsitoli mencapai 3.061 ton dengan jumlah nelayan sebanyak 1.735 orang.

“Subsektor kelautan dan perikanan di Kota Gunungsitoli sesungguhnya telah memberi kontribusi yang cukup besar dalam menggerakkan ekonomi masyarakat, membuka lapangan pekerjaan, penyediaan gizi masyarakat dan tentunya merupakan salah satu sektor penyumbang Pendapatan Asli Daerah Kota Gunungsitoli baik langsung maupun tidak langsung,”Ujarnya.



Ditambahkannya bahwa armada penangkapan ikan adalah sarana yang digunakan oleh masyarakat untuk menuju ke lokasi penangkapan ikan (fishing ground) untuk melakukan penangkapan ikan. Keterbatasan modal dan bahan baku dalam pembuatan armada penangkapan ikan adalah kendala masyarakat nelayan atau kelompok nelayan.

“Untuk menjawab persoalan tersebut Pemko berinisiatif untuk mengupayakan pengadaan Kapal Motor ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang bermata pencaharian nelayan saat ini, meskipun jauh dari yang diharapkan namun Pemko terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas baik dari segi SDM nelayan maupun dari segi armada penangkapan ikan yang digunakan, sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wawako Gunungsitoli yakni mewujudkan Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing,”Ucapnya.

Sementara itu, beberapa nelayan yang ditemui oleh wartanias.com di lokasi penyerahan kapal mengaku senang karena dengan adanya kapal-kapal motor itu, para nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan mereka.

“Wah, perasaan saya sangat senang, kami berterimakasih kepada pemerintah karena telah memperhatikan nasib kami dengan memberikan bantuan kapal motor ini. Sekali lagi terimaksih pak Wali Kota,”ucap Filizaro Gea, Salah seorang nelayan dari Humene, Gunungsitoli Idanoi. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara