Terbaru

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemko Gunungsitoli Adakan Pelatihan Pembuatan Kapal Motor

Gunungsitoli,- Pemerintah Kota (Pemko) Gunungsitoli melalui dinas pertanian, kelautan dan perikanan mengadakan pelatihan pembuatan kapal motor fiber glass bagi nelayan di Kota Gunungsitoli. Kegiatan itu dilaksanakan di Desa Humene, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan Desa Olora, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Rabu (18/05/2016).

Tujuan pelatihan itu untuk meningkatkan pengetahuan para nelayan pencari ikan dalam melatih membuat sendiri kapal motor dari fiber.

"Pelatihan ini bertujuan agar para nelayan tidak kesulitan dalam memiliki sebuah kapal motor untuk mencari ikan di laut," ujar Kadis Kelautan, Eliyunus Waruwu pada laporannya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli dalam sambutannya saat membuka pelatihan itu mengatakan bahwa pembuatan kapal motor dari fiber tersebut sangat membantu para nelayan sebab bahan dari jenis kayu saat ini susah didapatkan.

"Kapal motor dari fiber ini sangat bagus untuk nelayan, sebab saat ini kapal motor dari bahan kayu sangat susah didapatkan, sehingga apabila para nelayan dapat membuat sendiri kapal motor ini maka bisa diterapkan setiap harinya kepada nelayan yang lain," ujarnya.

Sowa'a juga mengharapkan kepada para nelayan agar benar-benar mengikuti secara penuh pelatihan itu sehingga kedepan para nelayan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai yang diharapkan.

"Pelatihan ini juga merupakan program Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli yakni terciptanya kota Gunungsitoli yang Maju, nyaman dan berdaya saing," ujarnya.

Para nelayan yang mengikuti pelatihan tersebut berjumlah 30 orang, berasal dari beberapa kelompok nelayan se Kota Gunungsitoli. Narasumber adalah para nelayan yang telah dibekali sebelumnya oleh dinas kelautan. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara