Terbaru

Ini Kesepakatan Lima Kepala Daerah Di Pulau Nias Untuk Mengelola Pariwisata

Nias,- Lima Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se Kepulauan Nias melaksanakan rapat koordinasi di Kabupaten Nias Barat, Senin (20/06/2016). Kegiatan Rakor itu akan selesai pada 21 Juni 2016.

Rakor tersebut dihadiri oleh Deputi Kementerian Pariwisata RI, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM, Oragnisasi Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) dan Muspida Se Kepulauan Nias.

Sesuai dengan informasi yang diperoleh dari Humas Pemerintah Kabupaten Nias, Tujuan dan Sasaran diadakannya Rakor Lintas Sektor Penyelenggaraan Kepariwisataan Kepulauan Nias itu adalah meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan Kepariwisataan daerah Kepulauan Nias, dan Menyelaraskan pembangunan dan pengembangan pariwisata antar Kabupaten dan Kota di Kepulauan Nias.

Sasaran kegiatan Rapat tersebut yaitu memberikan arahan dalam pelaksanaan pembangunan kepariwisataan Kepulauan Nias, memberikan akses luas terhadap kemungkinan kerjasama antar lembaga kepariwisataan dan Tersedianya informasi obyek wisata bagi pelaku pariwisata di Kepulauan Nias.

Kesepakatan yang dihasilkan pada Rakor tersebut adalah Masing - masing Pemerintah Kabupaten Kota menyiapkan proposal Pesta Ya’ahowu minimal 10 event sebelum 16 Juli 2016, Pelaksanaan Pesta Ya’ahowu di masing-masing Kabupaten Kota Se- Kepulauan Nias dilaksanakan pada tanggal 6-8 Agustus 2016 dimana Pembukaannya diadakan di Kabupaten Nias Selatan serta penutupan di Kota Gunungsitoli.

Kemudian disepakati pembentukan POKJA dan Forum tata kelola Kepulauan Nias, Pelaksanaan Rakor ke 4 di Kabupaten Nias Utara sekaligus pembentukan Pokja daerah dan Forum tata kelola pariwisata Kepulauan Nias, Rakor Ke 5 di Kota Gunungsitoli pada tanggal 2 sampai 3 Desember 2016.

Disepakati juga agar setiap kepala daerah membuat Surat permohonan pembangunan Kantor Imigrasi Se Kepulauan Nias dan Membangun komunikasi sponsorship dengan ASDP, PLN, Telkomsel, Aqua, Indofood, Wingsfood, CSR (BNI,Pertamina) dan Mencherndice. (MM)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara