Terbaru

Mantap..! Pada Pemerintahan Laso, Jembatan Sungai Idanoi Di Onowaembo Dibangun

Peletakkan batu pertama oleh Wali Kota Gunungsitoli |Foto:Budi Gea
Gunungsitoli Idanoi,- Setelah puluhan tahun diharapkan oleh masyarakat untuk dibangun, Jembatan Idanoi di desa Onowaembo, Kecamatan Gunungsitoli kini dimulai  pembangunanannya.

Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua dan Wakil Wali Kota, Sowa'a Laoli, Jumat (17/06/2016).

Jembatan tersebut nantinya sebagai penghubung antara Desa Lewuoguru Idanoi dengan Desa Onowaembo dimana dari desa Onowaembo akses jalan bisa sampai ke desa Lalai, Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias.

Pada laporan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Ampelius Nazara mengatakan bahwa jembatan tersebut memiliki panjang 60 Meter dan Lebar 7 Meter termasuk trotoar. Masa pembangunan adalah sampai Desember 2016.

"Pembangunan jembatan ini akan menghubungkan kota gunungsitoli dengan desa Lalai, Kabuapaten Nias,"ujarnya.

Jembatan itu nantinya sangat bermanfaat bagi kegiatan perekonomian masyarakat dan juga memudahkan anak sekolah menuntut ilmu. Karena selama ini masyarakat maupun anak sekolah harus rela basah ketika menyeberangi sungai yang memiliki arus deras tersebut.

"Jembatan tersebut akan selesai pada tahun 2017. Dimana tahun 2016 adalah bangunan bawah dan tahun 2017 adalah bangunan atas,"katanya.

Pelaksana pembangunan jembatan tersebut adalah CV.Delta Tresna Mandiri dengan pagu dana sebesar Rp.1.968.998.100.

Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua dalam arahannya menyampaikan agar masyarakat Desa setempat selalu mendukung pembangunan itu demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap kepada masyarakat pembangunan ini selalu didukung dengan kerja sama yang baik antara rekanan dengan warga. Mari kita sama-sama mengawasi pekerjaan ini dengan melakukan hal yang positif,"ujar Lakhomizaro.

Lakhomizaro juga menyampaikan kepada rekanan agar selalu terbuka dan transpran kepada masyarakat tentang pembangunan jembatan itu agar tidak ada kecurigaan dimata masyarakat.

"Ini juga saya minta kepada rekanan agar gambar pembangunan ini dibuat pada satu tempat dan paparkan disitu, mulai dari ukuran besinya berapa dan bahan-bahan yang lain berapa,"ujarnya.

Sementara itu kepala Desa Onowaembo mewakili masyarakat menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli karena sudah menjawab langsung keluhan masyarakatnya tentang pembangunan jembatan tersebut.

"Kami masyarakat menyambut baik pembangunan ini dan kami siap mendukung pembangunan ini yang merupakan program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli,"ujarnya.

Masyarakat Desa Onowaembo,Alfenius Gea kepada wartanias.com menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kota Gunungsitoli karena jembatan yang diidam-idamkan sejak puluhan tahun yang lalu bisa terealisasi saat ini.

"Sangat berterimakasih. Sejak puluhan tahun lalu, barulah sejak pemerintahan Laso ini jembatan kami dapat dibangun. Kedepan kami tidak akan takut melewati sungai idanoi ini kalau banjir apabila hujan deras,"ujarnya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara