Terbaru

Rektor IKIP Henoki Waruwu, M.Pd Dilantik

Nias,- Rektor di Intitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunungsitoli dilantik oleh Ketua Umun Yayasan Perguruan Tinggi (Yaperti) Nias, Firman Yanus Larosa di Aula IKIP Gunungsitoli, Rabu (29/06/2016).

Rektor IKIP tersebut berganti dari Pejabat lama Bezisokhi Laoli dengan pejabat baru Henoki Waruwu yang akan menjabat selama 2016-2020.

Ketua Umum Yaperti Nias dalam arahanya mengatakan pergantian pejabat dalam suatu organisasi merupakan hal biasa terjadi seiring dengan pergeseran waktu dan perubahan keadaan serta kebutuhan organisasi.

"Oleh karena itu atas nama Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Nias mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi atas pelantikan rektor baru masa Jabatan 2016-2020 semoga dapat melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada saudara untuk memimpin lembaga Ikip Gunungsitoli 4 tahun mendatang dengan baik dan sukses. Dan kepada rektor lama Drs. Bezisokhi Laoli, MM atas Nama Ketua Umum dan segenap Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Nias mengucapkan terima kasih atas pengabdian selama 4 tahun lamanya memimpin Ikip Gunungsitoli,"ucap Firman Yanus.

Lebih lanjut Ketua Umum yayasan mengatakan Banyak hal yang sudah diupayakan termasuk dalam rangka pemenuhan Dosen tetap di Yaperti Nias minimal 6 orang tiap Prodi, baik melalui pengangkatan Dosen S-2 maupun studi lanjut bagi Dosen tetap S-1 guna memenuhi Persyaratan Akreditasi Program Studi di Ikip Gunungsitoli. 

"Tentu hal ini tidak terlepas atas kerjasama yang baik antara lembaga Ikip Gunungsitoli dengan pihak Yayasan Perguruan Tinggi Nias, saya yakin bahwa pejabat Rektor Ikip Gunungsitoli yang baru dapat melanjutkan hal yang sama pada masa kepemimpinan kedepan karena tanpa hubungan dan kerjasama yang baik antara lembaga Perguruan Tinggi Dengan Yaperti Nias sulit untuk mencapai suatu tujuan dalam rangka mengembangkan Ikip Gunungsitoli,"ujarnya.

Firman Yanus mengatakan bahwa ada satu hal yang perlu mendapat perhatian rektor yang Baru kedepan yakni penegakkan disiplin terutama didalam pengawasan melekat terhadap pengelolaan keuangan, karena tanpa pengawasan yang ketat maka akibatnya sangat fatal. 

"Demikian juga agar semua personil dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing dan yang tidak kalah pentingnya adalah manajerial yang kolektif kolegial sehingga Tri Darma  Perguruan Tinggi dapat berfungsi dengan baik. Kepada semua civitas akademika, supaya mendukung Rektor Ikip Gunungsitoli yang akan mengemban tugas selama 4 tahun ke depan sehingga Ikip Gunungsitoli dapat bersaing dengan perguruan tinggi yang lain,"tambahnya.

Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, SH, MH selaku pemilik Yayasan Perguruan Tinggi Nias mengatakan, pelantikan Rektor IKIP Gunungsitoli Masa Jabatan 2016 – 2020 merupakan rangkaian tindak lanjut hasil proses pemilihan Rektor Ikip yang yang telah terlaksana dengan baik pada beberapa waktu yang lalu, dimana pelaksanaannya berpedoman pada statuta Ikip Gunungsitoli.

"Dengan pelantikan ini berarti IKIP Gunungsitoli akan dihadapkan dengan kepemimpinan Rektor yang baru yang tentunya membutuhkan masa adaptasi sekaligus menghadirkan suasana baru dalam keberlangsungan di Institusi IKIP Gunungsitoli. Kita harus selalu menyadari bahwa institusi ini mengemban misi yang sangat besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa yang tentunya tidak akan tercapai tanpa adanya keseriusan dan kesungguhan dari seluruh pihak, melalui dukungan tindakan dan kinerja yang maksimal oleh seluruh jajaran civitas akademika,"ucap Arosòkhi.

Dalam sejarah perjalanannya, IKIP Gunungsitoli telah banyak memberikan kontribusi yang posistif bagi pengembangan sumber daya manusia, di Kepulauan Nias dan Kabupaten Nias pada khususnya. Namun pada saat ini kata Arosòkhi semua jangan terbuai dengan kisah sejarah keberhasilan dimasa lalu.

"Institusi ini harus melukis sejarah baru dengan cara berbenah dan mempersiapkan IKIP Gunungsitoli ini dalam menghadapi dinamika kehidupan sosial yang semakin pesat, sehingga dapat bersaing dengan berbagai Insitusi pendidikan lainnya dan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat menjadi pendukung pembangunan disegala aspek kehidupan masyarakat," ujarnya.

Pada zaman ini, lanjutnya Putra-Putri Kepulauan Nias sangat mendambakan dapat menimba ilmu pada perguruan tinggi yang berkualitas yang dalam pemikirannya hanya terdapat diluar Kepulauan Nias ini, namun terkadang keinginan tersebut bagi sebagian besar masyarakat hanyalah menjadi bagian impian yang sangat sulit tercapai yang disebabkan oleh faktor keterbatasan ekonomi.

"Problematika ini telah menjadi fokus perhatian pemerintah Kabupaten Nias, dengan berbagai upaya yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini. Oleh karenanya saya mengajak seluruh jajaran civitas Akademika Ikip Gunungsitoli untuk semakin meningkatkan mutu pendidikan, Manajemen Pengelolaan, penyediaan sarana dan prasarana, serta penyediaan tenaga pengajar yang berkualitas yang merupakan indikator dalam peningkatan akreditasi program studi maupun akreditasi institusi, sehingga dapat menjadi solusi bagi warga masyarakat Kepulauan Nias untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas sebagaimana yang diharapkan,"tambahnya.

Acara pelantikan itu turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias, Kadis Pendidikan Kabupaten Nias,Ketua Pengawas Yaperti Nias,Pengurus Yaperti Nias,Ketua Stie Pembnas Nias, Pengurus Senat dan segenap anggota Senat IKIP Gunungsitoli, Wakil Rektor I, II, III dan segenap Fungsionaris IKIP Gunungsitoli , segenap Dosen Dan Civitas Akademika Ikip Gunungsitoli,Rohaniawan Pdt. Sudirman Halawa, S.Th., Kabag tata usaha dan segenap pegawai Sekretariat Yaperti Nias, Organisasi Internal Kampus IKIP Gunungsitoli dan utusan Mahasiswa IKIP Gunungsitoli. (MM)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara