Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 17 Juli 2016 Dibaca kali

Anggota DPRD Sumut Asal Nias Arota Lase Reses Di Lòlòfitumoi

Suasana Reses Arota Lase di Lolofitumoi |Foto:Budi Gea
Nias Barat,- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Partai Golkar, Provinsi Sumatera Utara dari Dapil VIII Pulau Nias, Arota Lase menggelar Reses untuk menampung aspirasi konstituennya di Kantor Camat, Kecamatan Lòlòfitumoi, Kabupaten Nias Barat, Minggu (17/07/2016).

Beberapa warga yang mewakili seratusan masyarakat  dari berbagai desa di Kecamatan Lòlòfitumoi itu  menyampaikan aspirasinya dengan mengusulkan berbagai pembangunan yang mereka inginkan.

Sebagian besar masyarakat mengusulkan kepada DPRD Sumatera Utara agar jalan Provinsi dari Kota Gunungsitoli menuju Nias Barat di bangun kembali atau paling tidak diperbaiki.

"Jalan antara Gunungsitoli menuju Lòlòwa'u dan Sirombu tolong direhab apabila tidak bisa dibangun total. Tentang listrik juga kami minta agar DPRD Sumatera mencari solusi agar Nias Barat bisa terang 24 jam,"ucap Pendeta Zega salah seorang warga Lòlòfitumoi.

Selain dibidang infrastruktur jalan, masyarakat juga meminta kepada DPRD Provinsi Sumatera utara agar masyarakat bisa diberikan bantuan berupa bibit pertanian dan perikanan.

"Kami menginginkan agar bapak mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan kami bibit unggul tanaman untuk pertanian dan juga bibit ikan tawar karena daerah kami jauh dari pesisir. Selain itu kami juga menginginkan agar kami diberdayakan oleh pemerintah untuk memberi pelatihan tentang mengolah hasil tanaman kami,"ucap Ibu Ina Yules.

Masyarakat juga meminta normalisasi sungai Moi dan sungai Dola, meminta agar ada pembangunan lokasi wisata di gunung lawa-lawa, membangun Universitas Negeri di Nias Barat, mengusulkan agar pembagian kartu kesejahteraan masyarakat agar tepat sasaran dan mengusulkan pembangunan penampungan air bersih.

Seluruh aspirasi masyarakat tersebut dicatat dan ditampung oleh Arota Lase untuk dipertimbangkan di lembaga DPRD Provinsi Sumatera Utara.

"Prioritas utama yang akan kami sampaikan nanti ke Paripurna DPRD sesuai dengan usulan masyarakat adalah terutama jalan Provinsi dari Gunungsitoli ke Lolowa'u dan Sirombu yang kondisi jalannya sudah rusak dan sulit dilalui oleh kendaraan, untuk itu kami harapkan pemerintah provinsi dapat merealisasikannya,"ucap Arota Lase kepada wartanias.com usai acara Reses.

Selain itu ia juga akan memprioritaskan aspirasi masyarakat tentang usulan pengadaan bibit unggul tamaman karet dan kakao serta pengusulan bibit ikan air tawar.

"Prioritas kita adalah masalah bibit pertanian yaitu bibit karet dan bibit tanaman kakao. Hal itu tadi sangat diharapkan masyarakat karena pendapatan masyarakat mayoritas di Lolofitumoi dari hasil karet dan kakao dan kita berharap agar pemerintah dapat mewujudkannya. Termasuk juga pengadaan bibit ikan air tawar karena daerah ini jauh dari pinggir pantai,"tambahnya.

Untuk aspirasi masyarakat yang lain, Arota lase tetap menampung dan menyampaikan kepada pemerintah. Ia berharap pemerintah provinsi sumatera utara bisa merealisasikan hal itu.

"Aspirasi masyarakat yang menjadi tupoksi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan kita sampaikan semua sedangakan yang menjadi tupoksi Daerah di sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Barat,"tambahnya.

Pantauan wartanias.com, acara Reses tersebut berlangsung lancar dan tertib. Turut hadir pada acara itu Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Camat Lolofitumoi, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan seratusan masyarakat. (Budi Gea)
Back To Top