Berita Terbaru
Loading...
Kamis, 14 Juli 2016 Dibaca kali

Jelang Tahun Ajaran Baru, Toko Perlengkapan Sekolah Diserbu Warga

Keramaian ditoko UD Harapan |Foto:Budi Gea
Gunungsitoli,- Jelang hari pertama masuk sekolah pada tahun ajaran baru 2016/2017, pedagang perlengkapan sekolah di sejumlah pasar dan toko di Kota Gunungsitoli semakin ramai diserbu pembeli.

Para pembeli basanya didominasi oleh kaum ibu untuk mencari perlengkapan sekolah untuk anak mereka yang akan masuk sekolah usai libur panjang pada Senin 17 Juli 2016 mendatang.

Arota Lase, pemilik Usaha Dagang (UD) Harapan di Kota Gunungsitoli mengatakan bahwa mendekati pelaksanaan tahun ajaran baru, barang jualannya semakin kebanjiran pembeli sehingga penghasilannya bertambah.

"Jika pada hari biasa, seragam laku hanya satu sampai tiga potong, tetapi sejak beberapa waktu lalu baju sekolah dalam sehari bisa laku 30 sampai 40 potong, dan saya bersyukur akan hal itu,"ujarnya.

Ia mengatakan bahwa jenis baju yang dicari oleh pembeli adalah bervariasi mulai dari seragam SD, SMP hingga SMA baik untuk pria dan wanita.

"Harga seragam sekolah bervariasi tergantung ukuran dan merek. Untuk baju sekolah anak SD dijual seharga Rp.60.000, Seragam SMP Rp.70.000 dan Seragam SMA dijual antara Rp.80.000 hingga Rp.100.000,"kata Arota.

Menurutnya, makin besar ukuran baju maka harga jual juga lebih mahal.

Murni Zandroto, salah seorang penjaga toko perlengkapan sekolah di Jalan Diponegoro, Kota Gunungsitoli, mengatakan bahwa mendekati masa ajaran baru, produknya juga lebih laris dari hari biasanya.

"Sejak sekitar hari selasa kemarin banyak warga mencari tas, sepatu, dan seragam. Namun yang paling mendominasi perlengkapan sekolah seperti buku dan pensil. Mungkin karena jika seragam dan sepatu kebanyakan siswa baru yang membeli tetapi untuk keperluan buku karena baru masuk makanya perlu buku baru," katanya.

Sementara itu, salah seorang pembeli di UD Harapan, Kristina Zai kepada wartanias.com mengatakan sengaja membeli perlengkapan sekolah mendekati hari pertama sekolah di toko tersebut selain dekat dengan rumahnya juga harga yang ditawarkan terjangkau.

"Anak saya tahun ini satu orang masuk SMP , jadi semua beli baru, mulai seragam, tas, sepatu, buku dan lainnya. Saya sengaja beli di UD Harapan ini karena semuanya lengkap disini dan harganya juga terjangkau,"ucap Kristina.

Ditempat yang sama, Yuliana mengaku mengeluarkan uang sebesar Rp.500.000 untuk membeli perlengkapan anak-anaknya yang naik kelas dibangku SD. Ia juga mengaku belanja di UD Harapan karena harga terjangkau serta keperluan sekolah lainnya lengkap.

"Saya kesini membeli kebutuhan sekolah anak saya yaitu baju, buku tulis, pulpen dan seragam sekolah yang lain. Saya beli disini karena murah dan terjangkau. Hari ini saya hanya mengeluarkan uang sekitar Rp.500.000,"ucapnya. (YB)
Back To Top