Terbaru

Pesta Yaahowu Digelar September Mendatang, Beberapa Menteri Akan Datang Di Nias

Ketua Umum HIMNI, Marinus Gea  |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Pergelaran pesta Yaahowu untuk mempromosikan potensi Pariwisata Kepulaun Nias yang awalnya direncanakan pada 6-8 agustus mendatang diundur menjadi tanggal 17-26 September 2016. Perubahan jadwal tersebut sesuai dengan keputusan Para Kepala Daerah di Pulau Nias bersama Menteri Pariwisata RI.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI), Marinus Gea kepada wartanias.com di Bandara Binaka Gunungsitoli, jumat (22/07/2016).

"Ia betul jadwalnya berubah. Semula kita jadwalkan tanggal 6 sampai 8 Agustus. Dan sesuai dengan keputusan para Kepala Daerah bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Menko Maritim kita sepakat kita undur menjadi tanggal 17 - 26 september 2016 ini,"ucap Marinus Gea yang juga anggota Komisi I DPR RI.

Pesta Yaahowu tersebut menurut Marinus, akan dihadiri oleh beberapa Menteri Republik Indonesia diantaranya Menteri Koordinator Maritim, Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Kelautan Dan Perikanan serta Menteri Hukum dan Ham, Yasona Laoly sebagai tokoh masyarakat nias ditingkat nasional.

"masing-masing Kementerian itu akan mengajak beberapa Direktur di Kementeriannya,"ujarnya.

Pemerintah Pusat, menurut Marinus Gea, akan membantu kegiatan pesta Yaahowu yang pertama dilaksanakan di Pulau Nias dengan membantu dalam bentuk promosi. Hal itu dikarenakan proses perencanaan dibuat tahun 2016 ini dan pemerintah pusat belum menampung anggaran dimaksud.

"Bantuan untuk mendukung kegiatan itu dari pemerintah pusat beberapa diberikan yaitu dalam bentuk promosi. Karena sebenarnya Pemerintah Pusat bisa menanggung semua, tapi karena gerakan ini kita baru buat tahun 2016 proses perencanaan belum masuk disana sehingga belum tertampung di program kerja mereka. Ya, kita harapkan nanti tahun 2017 kegiatan ini akan lebih banyak lagi dan dibiayai oleh Pemerintah Pusat,"katanya.

Untuk anggaran pada pelaksanaan Pesta Yaahowu tersebut nantinya akan dibiayai oleh Kementerian Pariwisata dan biaya dari Pemerintah Daerah se Kepulauan  Nias.

"Saya belum menghitung dan mengkakulasi biayanya berapa. Tapi yang pasti biaya pelaksanaan ini berbag. Ada sebagian yang dibiayai oleh Kementerian Pariwisata dan juga ada bagian yang harus dibiayai oleh Pemerintah Daerah Sekepulauan Nias,"tambahnya.

Untuk diketahui, Pesta Yaahowu ini Pembukaannya digelar di Kabupaten Nias Selatan dan Penutupan digelar Di Kota Gunungsitoli. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara