Terbaru

Wali Kota Gunungsitoli Meninjau Langsung Proyek Pengaspalan Jalan Di Desa Afia

Gunungsitoli,- Wali Kota Gunungsitoli, Lakhòmizaro Zebua meninjau secara langsung proyek pengaspalan jalan di Tetehosi Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli, Senin (04/07/2016).

Pantauan wartanias.com, rombongan Wali Kota Gunungsitoli bersama Ketua umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) yang juga sebagai anggota DPR RI, Marinus Gea awalnya berkunjung ke tempat balai benih ikan milik Dinas Kelautan Kota Gunungsitoli di Tetehosi Afia.

Sepulang dari kunjungan tersebut, Lakhòmizaro berhenti tepat di lokasi para pekerja yang sedang melakukan pengaspalan. Disana ia langsung turun dari mobil diikuti rombongan lainnya dan menghampiri para pekerja untuk berdialog.

Saat itu Wali Kota Gunungsitoli langsung memberikan arahan kepada kepala tukang supaya metode pengaspalan jalan itu tidak seluruhnya dengan lapisan penetrasi (Lapen). Ia menghimbau agar yang di lapen itu adalah ruas jalan yang rusak saja.

"Kalau metode Lapen sih bagus, tapi pasti cepat rusak paling satu atau dua tahun saja bertahan, yang di Lapen itu bagian yang dilebarkan saja biar volume pengaspalannya panjang,"ucap Lakhòmizaro kepada kepala tukang.

Menurut Wali Kota, Kedepan seluruh jalan itu akan diaspal dengan metode Hotmix agar bisa bertahan lama dan meminimalkan biaya pemeliharaan sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Kalau metode hotmix kan bisa bertahan hingga tujuh tahun dan biaya pemeliharaannya sedikit,"ucapnya.

Wali Kota berharap agar pengaspalan jalan itu bisa selesai sebagaimana waktu yang ditetapkan dalam kontrak. Ia mengaku akan terus melakukan pembagunan infrastruktur jalan di beberapa desa di Kota Gunungsitoli.

Proyek pelebaran dan pengaspalan jalan serta pembangunan tembok penahan di Tetehosi Afia itu menelan biaya sebesar Rp.1,5 Miliar dari APBD Kota Gunungsitoli dengan masa pekerjaan hingga 28 oktober 2016. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara