Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 22 Juli 2016

Wali Kota, Ketua HIMNI Dan Yasona Laoly Sambut Wisatawan Dari Guangzhou China

Walikota dan Yasona Laoli foto bersama dengan wisatawan
|Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Wali Kota Gunungsitoli, Lakhòmizaro Zebua Yasona Hamonangan Laoly, Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Marinus Gea dan menyambut 20 orang wisatawan dari negeri tirai bambu, Guangzoa China yang datang Ke Pulau Nias di Bandara Binaka Kota Gunungsitoli, Jumat (22/07/2016).

Wisatawan yang datang dari Luar Negeri yang dipimpin langsung oleh Nico Barito, Duta Besar Negara Sychless tersebut disambut dengan adat Nias serta menampilkan atraksi Tari Fangowai Tome dan Fame'e Afo oleh masyarakat Nias dilanjutkan dengan persembahan lagu khas Mandarin oleh group Nias Voice Gunungsitoli.

"Hari ini kita menerima tamu dari China untuk melihat potensi wisata di pulau nias dan saya datang sebagai putra daerah nias untuk ikut serta memberikan perhatian tentus sebagai kewenangan saya sebagai Menkuham dan Ke'imigrasian,"ujar Yasona Laoly yang juga menjabat sebagai Menkuham RI.

Menurut Yasona, untuk menata kedatangan para wisatawan yang akan datang di Pulau Nias, Pemerintah akan menyediakan Unit Pelayanan Pasport (ULP) di Bandara.

"Saya melihat kesiapan daerah kita dan potensinya, nanti untuk sementara kita akan buat Unit Pelaksana Pasport (ULP) di nias ini dan barangkali kedepan bisa ditingkatkan menjadi kantor Imigrasi kelas II,"tambahnya.

Ditambahkannya bahwa Potensi wisata di Pulau Nias sangat banyak sehingga harus bisa dikembangkan melalui pembuatan event yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

"Di Pulau Asu juga ada potensi yang baik untuk Surfing, kita minta nanti para Bupati akan membuat event-event tentang parawisata disana dan itu akan dimulai pada Pesta Ya'ahowu mendatang,"tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Gunungsitoli, Lakhòmizaro Zebua mengaku telah siap menerima kunjungan wisatawan asing yang akan melihat dan menikmati potensi wisata di Pulau Nias dan Kota Gunungsitoli secara khusus.

"Sebagai Pemerintah Kota Gunungsitoli merasa bangga karena kita diberi kesempatan untuk dikunjungi oleh wisatawan . Saya yakin bahwa walaupun hanya 25 orang kali ini tapi kedepan kita yakin pasti lebih ramai lagi yang penting kita di Kota Gunungsitoli siap menerim mereka,"ucapnya kepada wartawan.

Ia mengatakan agar wisatawan dapat sering berkunjung pihaknya segera mungkin akan membenahi seluruh fasilitas yang akan digunakan oleh wisatawan seperti infrastruktur jalan, Hotel dan Restoran.

"Kita benahi masyarakat kita, kita benahi infrastruktur, hotel, restoran dan semua sektor kita benahi. Kita sangat gembira, ini mungkin awal dari terbukanya kemajuan Kota Gunungsitoli,"tambahnya. 

Pantauan wartanias.com, setelah selesai acara penyambutan wisatawan asing itu, Menkuham Yasona Laoly langsung bertolak ke Jakarta. Sedangkan rombongan wisatawan dari China melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Miga Beach dan menikmati wisata kuliner. (Budi Gea)
Back To Top