Terbaru

Yasona Laoly Minta Pembangunan Dermaga Roro Di Idanoi Dikaji Ulang

Rombongan Yasona Laoly saat meninjau pelabuhan roro  |Foto:Budi
Gunungsitoli,- Tokoh Masyarakat Kepualaun Nias yang juga menjabat sebagai Menteri Hukum dan Ham (Menkuham) Republik Indonesia (RI), Yasona H Laoly meminta kepada Kepala Dinas Perhubungan atau Kementerian Perhubungan untuk mengkaji ulang pembangunan Pelabuhan Roro di Desa Siwalubanua II, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli. Ia juga meminta agar Konstruksi pada pembangunan itu dikaji ulang.

Hal itu dikatakan Yasona Laoly saat meninjau sejauh mana pembangunan Dermaga Roro tersebut bersama Ketua Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI, Marinus Gea dan Wali Kota Gunungsitoli, Lakhòmizaro Zebua, Jumat (22/07/2016).

"Kalau begini modelnya sudah gak benar ini. Jadi kita minta kepada Dinas perhubungan maupun Kementerian Perhubungan untuk mengkaji ulang pelabuhan ini termasul konstruksinya,"Kata Yasona H Laoly kepada Wartawan.

Menurut dia, harusnya perencanaan pembangunan Dermaga tersebut tidak seperti yang saat ini dimana lebar dermaga hanya bisa dilewati oleh satu kendaraan saja. Kalau seperti demikian ukuran lebar dermaganya kedepan akan menggunakan waktu bongkar muat yang cukup lama.

"Tapi kalau benar modelnya begini saya kira sulit. Satu juga lebarnya gak benar, perencanaannya rasanya kurang pas lah. Barangkali mumpung masih seperti ini masih bisa ditata ulang kembali kalau hanya satu tempat nyandar kapal seperti ini penumpang kan akan menggunakan waktu yang akan lama,"ujarnya.

Terkait informasi bahwa Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonas tidak mengetahui keberadaan proyek pembangunan pelabuhan Roro yang kabarnya menelan dana APBN sekitar 80 Miliar, Yasona akan menanyakan hal itu dalam waktu dekat kepada Menteri Jonan.

"Nanti ku cek sama Pak Jonan, nanti kami ketemu dalam waktu dekat ini dan saya akan konfirmasi bersama Bupati dan Wali Kota yang akan bertemu Menteri Perhubungan, Menteri PU dan Kelautan saya akan mencoba memfasilitasi pertemuan itu,"katanya.

Pada pertemuan itu nantinya ditambahkan Yasona, masalah pembangunan pelabuhan itu akan dibahas bersama Wali Kota Gunungsitoli. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara