Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 14 Agustus 2016 Dibaca 0 kali

Bupati Nias Klaim Angka Pengangguran Di Nias Menurun Drastis

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli | Foto: Budi Gea
Nias,- Bupati Nias, Sòkhiatulò Laoli mengklaim bahwa angka pengangguran terbuka di Wilayah pemerintah yang dipimpinnya menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Tingkat pengangguran tersebur menurun dari 4,69 persen menjadi 0,44 persen.

Hal itu dikatakan Bupati Nias menjawab pertanyaan wartanias.com saat menggelar Jumpa Pers di aula Kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamòlò I Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Jumat (12/08/2016).

"Sesuai dengan data dari BPS, Angka pengangguran terbuka dari 4,69 persen pada tahun 2011 menurun menjadi 0,44 persen tahun 2014,"katanya.

Menurut Sòkhiatulò, Tingkat pengangguran itu menurun karena dana pembangunan yang digelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias mencapai ratusan miliar tiap tahun. Jadi, dengan adanya pembangunan katanya, masyarakat pengangguran bisa mendapat lapangan kerja.

"Di Nias memang belum ada usaha-usaha yang signifikan. Tapi jangan heran dengan meningkat dana pembangunan itu juga sudah meningkat penyerapan tenaga kerja. Coba kita lihat pembangunan di Kabupaten Nias dari awal kami memimpin, anggaran pembangunan itu hanya Seratusan Miliar. Tapi dengan itu sampai sekarang dengan sudah ada pembangunan hingga ratusan miliar, saya rasa dengan dana pembangunan yang meningkat itu sudah pasti penyerapan tenaga kerja bertambah,"tuturnya.

Selain penyerapan tenaga kerja dengan adanya pembangunan, Bupati juga mengaku bahwa angka pengangguran berkurang karena terobosan kerjasama dengan pihak perusahaan luar untuk mengirimkan tenaga kerja.

"Kami juga selalu membuat terobosan dengan lembaga lain misalnya dengan mengirimkan tenaga kerja ke perusahaan Philps di Batam,"tambahnya. (Budi Gea)
Back To Top