Berita Terbaru
Loading...
Kamis, 18 Agustus 2016

Kegiatan Minim, Perayaan HUT RI Ke-71 di Idanoi Diprotes Warga

Sekretaris Camat Idanoi, Umar Salim Gulò |Foto: Budi Gea
Gunungsioli,- Kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-71 di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi diprotes oleh  warga karena sangat minimnya kegiatan yang melibatkan masyarakat umum, Rabu (17/08/2016).

"Saya heran, seperti apa Camat Gunungsitoli Idanoi ini memimpin Kecamatan kami. Tahun-tahun sebelumnya apabila ada HUT Kemri, kegiatan yang melibatkan masyarakat umum pasti diadakan. Kenapa kali ini tidak ada,"ucap salah seorang Pengurus Organisasi Pemuda Pancasila Gunungsitoli Idanoi, Depianus Laowò kepada wartanias.com.

Ia mengatakan bahwa kinerja Camat Gunungsitoli Idanoi atas nama Ya'atulò Gea mesti di evaluasi oleh Wali Kota Gunungsitoli karena dinilai tidak bisa mengorganisir kepanitiaan HUT RI di Kecamatan tersebut.

"Harusnya Wali Kota Gunungsitoli mengevaluasi kinerja Camat kami ini. Karena jelas-jelas dia tak bisa memimpin Kecamatan ini. Yang dia tahu hanya duduk saja dikantor,"ujarnya kesal.

Warga lain, Karianto Larosa yang juga sebagai Sekretaris Pengurus Kecamatan (PK) Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) Kecamatan Gunungsitoli Idanoi menduga Para panitia HUT yang telah dibentuk di kecamatan malas untuk membentuk kegiatan yang melibatkan masyarakat umum.

"Sepertinya para panitia ini tidak mau bekerja. Padahal mereka tahu bahwa tema HUT RI kali ini adalah Indonesia Kerja Nyata, tapi yang terjadi apa, malah mereka (panitia-red) tidak mau membentuk kegiatan yang melibatkan pemuda,"ucapnya.

Ia mengatakan, harusnya Panitia HUT Kecamatan melibatkan masyarakat umum untuk memeriahkan Kegiatan Sakral tersebut. Ia memberi contoh semestinya diadakan berbagai perlombaan atau pertandingan seperti Bola Voli, Badminton, Sepak Bola dan Lari.

"Atau kalau mau yang ringan-ringan harusnya diadakanlah seperti kegiatan tarik tambang antar desa atau panjat pinang. Masyarakat pasti terhibur kalau ada kegiatan seperti ini,"katanya.

Senada dengan warga lain, Karianto juga berharap kepada Kepala Daerah agar mengevaluasi kinerja Camat Idanoi tersebut. "Kalau bisa dipecat saja dari jabatannya,"imbuhnya tegas.

Sementara itu, Sekretaris Camat Gunungsitoli Idanoi yang juga sebagai Ketua Umum Panitia HUT RI Ke-71 Idanoi, Umar Salim Gulò kepada wartanias.com mengatakan bahwa minimnya kegiatan yang melibatkan masyarakat umum pada HUT tahun ini karena jadwal pembentukan panitia terlambat.

Ia mengatakan pembentukan Panitia HUT baru dilaksanakan dua minggu sebelum tanggal 17 agustus. Ia juga mengaku bahwa kegiatan untuk memeriahkan HUT di Kecamatan Idanoi telah diadakan.

"Itu karena minimnya waktu. Karena pembentukan panitia juga baru dilaksanakan dua minggu yang lalu maka menurut hemat Panitia tidak bisa dilaksanakan kegiatan besar seperti sepak bola, bola voli dan lain-lain,"kata Umar.

Umar Salim mengatakan bahwa Panitia tetap melaksanakan kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor Camat dengan melibatkan sebagian masyarakat dan beberapa Sekolah di Kecamatan Idanoi.

"Kita tetap melaksanakan kegiatan kok di kantor camat. Ada tiga kegiatan yakni Vokal Grup bagi lansia, paduan suara tingkat sekolah dan perlombaan Maena untuk anak SD,"tambahnya.

Secara pribadi, Ketua Panitia tersebut juga mengaku sangat menyayangkan karena minimnya kegiatan HUT. Namun ia tetap mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Pimpinanannya. "Apa yang diperintahkan pimpinan tetap kita laksanakan. Pimpinan itu adalah Camat Idanoi,"tambahnya. (Budi Gea)
Back To Top