Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 09 Agustus 2016

Menteri Perhubungan: Runway Bandara Binaka Akan Ditingkatkan Jadi 2.250 Meter

Menhub ketika sampai di bandara binaka |Foto:Budi Gea
Gunungsitoli,- Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI), Budi Karya Sumadi mengatakan akan melakukan peningkatan kapasitas landasan pacu (Runway) Bandara Binaka menjadi 2.250 Meter. Dengan adanya peningkatan runway tersebut pesawat berbadan besar bisa mendarat di Nias. Program tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2016 ini.

Hal itu dikatakan oleh Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan dalam hal menciptkan konektivitas daerah terluar di seluruh negara kesatuan republik indonesia termasuk Kota Gunungsitoli-Pulau Nias, Minggu (07/08/2016) sore.

"Secara konkrit Kementerian Perhubungan membuat program nyata yaitu melakukan peningkatan kapasitas dari pada runway supaya pesawat yang lebih besar itu bisa mendarat disini, kita akan panjangkan sampai 2.250 meter sehingga pesawat yang berkapasitas 100-150 penumpang bisa mendarat disini,"ujar Budi Karya kepada wartawan di Bandara Binaka, minggu (07/08/2016).

Menurut Menhub apabila pesawat-pesawat besar bisa mendarat di Bandara Binaka, pelayanan penumpang dan pengiriman barang-barang dari dan ke daerah luar bisa terjangkau dengan cepat.

"Apabila penerbangan itu sudah lebih bagus dari Jakarta nanti ada pengiriman barang dan penumpang juga dari daerah Sumatera dapat memberikan sarana yang lebih baik dan akhirnya memberikan emakmuran dan Nias menjadi bagian dari NKRI yang lebih hebat,"ucapnya.

Selain dibidang perhubungan Udara, Menteri Perhubungan juga akan meningkatkan pembangunan di bidang perhubungan Laut dengan cara meningkatkan pembangunan pelabuhan laut baik yang ada di Sibolga, Tapanuli Tengah maupun di Kota Gunungsitoli. 

"Saya juga tadi pagi bekerjasama dengan kementerian BUMN merencanakan untuk menjadikan pelabuhan Sibolga itu lebih besar untuk kemudahan aksesbilitas untuk kemudahan pengiriman barang ke Nias. Jadi pelabuhan yang saat ini akan diperbesar supaya pelabuhan penumpang dan barang akan semakin lebih besar begitu juga pelabuhan perikanan,"jelasnya.

Sementara itu, Bupati Nias Sokhiatul├▓ Laoli mengatakan bahwa untuk mewujudkan rencana Kemenhub RI tersebut pemerintah daerah akan menyediakan lahan sebesar 46 hektar lagi.

"Untuk mewujudkan itu, Pemda harus berusaha membebaskan lahan hingga 46 hektar,"ujarnya kepada wartawan mewakili Kepala Daerah di Pulau Nias. (Budi Gea)
Back To Top