Terbaru

Di Lokasi Eks TPI Ini Penutupan Pesta Ya'ahowu Digelar

Wali Kota dan Wakil Walu Kota Gunungsitoli meninjau lokasi
Eks TPI Gunungsitoli |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Kota Gunungsitoli direncanakan menjadi tempat penutupan perhelatan Pesta Ya'ahowu yang digelar di Pulau Nias dari 17 September sampai 26 November 2016. Lokasi eks. TPI di jalan Pelabuhan Lama Kota Gunungsitoli direncanakan menjadi tempat penutupan Pesta yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Pemerintah Daerah se-Kepulauan Nias tersebut.

Hingga saat ini, Pemerintah Kota Gunungsitoli telah memulai beberapa persiapan jelang dimulainya Pesta Ya'ahowu itu. Pantauan wartanias.com, Senin (29/08/2016) Wali Kota Gunungsitoli, Lakhòmizaro Zebua bersama Wakilnya, Sowa'a Laoli dan sejumlah Pejabat SKPD meninjau langsung pembangunan lokasi tersebut.

"Dilokasi eks. TPI ini nanti kita akan bangun panggung untuk hiburan yang membelakangi laut. Sedangkan panggung untuk tribun adalah dari jalan ini kita menghadapi laut,"kata Lakhòmizaro kepada wartanias.com saat meninjau lokasi tersebut.

Menurut Wali Kota Gunungsitoli, sebelum perhelatan Pesta Ya'ahowu dimulai di Pulau Nias, pembangunan dan penataan tempat diselenggarakannya penutupan di Kota Gunungsitoli harus sudah selesai.

"Jadi, tempat ini nanti akan diratakan semua oleh Dinas Tarukim dan kita berharap agar pengerjaanya cepat selesai,"ucapnya.

Ditambahkan olehnya, pada acara penutupan Pesta Ya'ahowu di Gunungsitoli, masyarakat akan menampilkan berbagai macam atraksi budaya lokal seperti Maena, Tarian dan kearifan lokal masing-masing Kecamatan untuk menarik minat wisatawan.

"Mari kita membangkitkan semangat bagaimana kita mempertahankan budaya karena salah satu andalan kita kedepan adalah pariwisata yang tidak terlepas dari  budaya sebagaimana yang telah diharapkan oleh
Pak Presiden Jokowi kemarin bahwa dipulau nias hanya dua yang harus menjadi andalan Pulau Nias yakni Pariwisata dan Perikanan,"tambahnya.

Seperti diketahui, Pesta Ya'ahowu akan digelar di Kepulauan Nias pada tanggal 17 September sampai 26 November 2016. Pesta yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI bekerjasama dengan Pemerintah Daerah se-Pulau Nias tersebut dibuka di Teluk Dalam Nias Selatan dan penutupannya di Kota Gunungsitoli. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara