Terbaru

Sekolah Pariwisata Mulai Dibangun Di SMKN 2 Gunungsitoli

Wali Kota meletakkan batu pertama pada pembangunan sekolah
Pariwisata Gunungsitoli |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli memulai pembangunan hotel mini dan ruang kerja siswa sekolah Pariwisata di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Gunungsitoli. Pembangunan itu ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Wali Kota Gunungsitoli Lakhòmizaro Zebua dilokasi pembangunan SMKN 2 Gunungsitoli, Desa Hilihao, Kota Gunungsitoli, Rabu (28/09/2016).

Bangunan Sekolah Pariwisata tersebut pada tahap pertama menggunakan dana senilai Rp.1.250.000.000 dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pendidikan.

"Pagu dana tersebut digunakan untuk pembangunan hotel mini, pembangunan ruang praktek siswa, pengadaan peralatan akomodasi perhotelan dan usaha perjalanan wisata dan perencanaan pengawasan dan adminstrasi pengelolaan,"ucap Kepala Sekolah SMKN 2 Gunungsitoli dalam laporannya.

SMK Pariwisata yang dikelola oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli itu membuka dua jurusan kepada anak didik yaitu Jurusan Usaha Perjalanan Wisata dan Akomodasi Perhotelan.

Walikota Gunungsitoli dalam arahannya sebelum meletakkan batu pertama pada pembangunan sekolah itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pendidikan yang memberikan perhatian di Kepulauan Nias dengan memberikan kesempatan untuk membuka sekolah Pariwisata. 

"Kedepan andalan kepulauan Nias ini adalah pariwisata, maka kita harus mempersiapkan diri dan menyiapkan kader-kader serta sumber daya manusia dalam rangka melayani pariwisata karena Gunungsitoli adalah pintu gerbang masuknya wisatawan dari luar,"kata Lakhòmizaro.

Pemerintah Kota Gunungsitoli akan terus membenahi sarana dan prasarana di sekolah tersebut termasuk menugaskan tenaga pengajar yang kompeten.

"Tnaga pengajar yang ada memang sangat terbatas. Kita sudah menyampaikan kepada Akademi Pariwisata di Medan, mereka sangat bersedia, serta perintah langsung dari Menteri Pariwisata bahwa SMK Negeri 2 Gunungitoli sebagai sekolah pariwisata yang ada dikepulauan Nias langsung binaan dari Akademi Pariwisata di Medan,"ucapnya.

Turut hadir pada acara tersebut Sekda Kota Gunungsitoli Drs. Edison Ziliwu, MM, M.Si, Anggota DPRD Emanuel Ziliwu, SE, Plt. Asisten II Karman Sinaga, Inspektur Kota Gunungsitoli Talizokho Halawa, SH, Kadis Pendidikan Faoziduhu Telaumbanua, S.Pd, Kadis Tarukim Motani Telaumbanua, SH, Camat Gunungsitoli Ibezaro Zalukhu, Kabag Humas Jasniati, S.Pd, Kepala Sekolah beserta Para Guru SMK Negeri 2 Gunungsitoli, Komite Sekolah dan Tokoh Masyarakat. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara