Terbaru

Pemko Gunungsitoli Gelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman


Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar kegiatan lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2SA) yang diikuti oleh seluruh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dharma Wanita Kota Gunungsitoli di Aula Samaeri, Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa (04/10/2016).

Kegiatan lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa'a Laoli.

Dalam arahan dan bimbingannya, Sowa'a Laoli mengatakan bahwa tujuan digelarnya lomba itu adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA bebasis sumber daya lokal.

"Selain itu tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun budaya keluarga dalam mengkonsumsi aneka ragam makanan dengan porsi yang seimbang,"kata Sowa'a.

Kegiatan lomba cipta menu B2SA itu juga menurutnya mendukung program nawacita Presiden Republik Indonesia yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Berdasarkan data tahun 2015 lanjut Sowa'a, Kota Gunungsitoli menduduki urutan ke 26 dari 33 kabupaten kota penderita balita gizi buruk dengan nilai 8,1% di provinsi sumatera utara.

"Keadaan ini menurutnya menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pemerintah kota gunungsitoli dan masyarakat di kepulauan nias bahwa pangan lokal memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai bahan pangan utama dalam mensubtitusi beras seperti jenis umbi umbian, pisang, talas dan sebagainya,"tambahnya.

Pangan menurut dia merupakan kebutuhan dasar manusia yang terdiri dari aneka ragam pangan atau sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan serta tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan. (FL)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara