Terbaru

655 ASN Kota Gunungsitoli Formasi 2009 dan 2010 Diambil Sumpahnya

PNS mengucapkan sumpah janji |Foto: Hulu
Gunungsitoli,- Sebanyak 655 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di  Pemerintahan Kota Gunungsitoli diambil sumpah dan janjinya oleh Wali Kota Gunungsitoli di Aula terbuka lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Rabu (02/11/2016).

Sedianya pengambilan sumpah dan janji itu dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Gunungsitoli. Namun berhubung karena cuaca sedang hujan, pengambilan sumpah dilaksanakan di Aula terbuka Kantor Wali Kota Gunungsitoli.

Usai mengambil sumpah dan janji ratusan Aparatur Sipil Negara, Wali Kota Gunungsitoli Lakhòmizaro Zebua dalam arahnnya mengaku kaget karena ada ribuan PNS di Kota Gunungsitoli belum diambi sumpahnya.

"Sudah 7 tahun saudara bertugas, kenapa baru sekarang ya diambil sumpahnya. Semenjak masuk PNS saya heran kenapa tidak diambil sumpahnya. Selama ini kenapa tidak ambil sumpahnya ya. Pantas saja banyak PNS yang saya dengar sering melanggar disiplin dan peraturan yang ada,"ujar Lakhòmizaro heran.

Wali Kota menghimbau kepada ratusan PNS yang diambil sumpahnya agar senantiasa menaati aturan dan menaati disiplin ASN yang ada.

Pengambilan sumpah janji itu menurut dia merupakan suatu kesanggupan untuk mentaati keharusan atau untuk tidak melakukan larangan yang telah ditentukan, yang diikrarkan dihadapan atasan yang berwenang menurut agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Untuk itu sumpah janji ini bukan hanya merupakan kesanggupan terhadap atasan yang berwenang tetapi juga merupakan kesanggupan terhadap Tuhan bahwa yang bersumpah dan berjanji akan mantaati segala keharusan dan tidak melakukan segala larangan yang telah diatur,"katanya.

Ia menambahkan bahwa PNS yang merupakan anggota ASN, Abdi Negara dan Abdi Masyarakat wajib setia dan taat penuh terhadap pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah serta bermental baik, bersih, jujur, berdaya guna dan berhasil guna, bermutu tinggi dan penuh tanggungjawab terhadap tugasnya secara beritegritas dan Profesional.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulò mengatakan bahwa PNS Kota Gunungsitoli yang seharusnya diambil sumpahnya berjumlah 1622 orang.

"Namun karena banyak sekali, kita akan melaksanakannya secara bertahap. Untuk hari ini ada 655 yang diambil sumpahnya sedangkan yang lain akan dilaksanakan hingga selesai bulan Desember 2016 ini,"kata Yarniwati.

Pantauan wartanias.com, 655 PNS Fungsional dan Struktural tersebut hadir pada pengucapan sumpah dan janji itu. Turut hadir seluruh Asisten Wali Kota, kepala SKPD dan Forkompida. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara