Terbaru

Jembatan Ini Dibangun Hanya Dengan Swadaya Masyarakat Selama Dua Hari

Jembatan yang selesai dibangun
Gunungsitoli,- Sebuah jembatan darurat yang terbuat dari pohon kelapa dan kayu pilihan berhasil dibangun oleh warga Desa Fadoroyou Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa Kota Gunungsitoli belum lama ini. Pembangunan jembatan itu dilakukan dengan swadaya masyarakat setempat.

"Jembatan ini dimulai dikerjakan pada hari selasa kemarin. Pengerjaannya hanya menggunakan waktu selama dua hari karena warga sangat antusias mengerjakannya,"kata Nitema Mendrofa, Ketua DPC LPM Kecamatan Gunungsitoli Alo'a yang juga Kepala Desa terpilih Fadoroyou.

Jembatan di sungai sowu yang terletak diantara dusun IV dan dusun III tersebut menurut Nitema sudah bisa dilewati kendaraan roda dua sehingga aktifitas masyarakat yang bekerja sebagai petani lancar.

"Tidak hanya itu, sebelum dibangun, jembatan ini tidak bisa dilalui anak-anak sekolah. Biasanya anak sekolah harus menyeberangi sungai. Namun saat ini mereka sudah tidak takut basah ketika melewati sungai ini,"kata Nitema yang juga sebagai Ketua Pengurus Kecamatan KNPI Gunungsitoli Alo'oa tersebut.

Ia menjelaskan, jembatan yang selesai dibangun tersebut memiliki panjang 22 meter dan lebar 1,5 meter.

"Bukan hanya jembatan itu yang kami renacanakan dibangun. Namun ada dua lagi jembatan yang akan siap kami bangun melalui swadaya masyarakat,"ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan jembatan darurat tersebut sedikitpun tidak menggunakan dana dari Pemerintah. Ia berharap Pemerintah Kota Gunungsitoli pada tahun depan dapat mengarahkan pembangunan jembatan permanen di desa tersebut. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara