Terbaru

Masyarakat Sesalkan Perubahan Tempat Pesta Ya'ahowu di Kabupaten Nias

Pantai Onolimbu Kecamatan Bozihòna |Foto: Budi Gea
Nias,- Masyarakat Desa Tagaule dan sekitarnya menyesali adanya perubahan lokasi pelaksanaan Lomba Maena dalam rangka menyambut pesta Ya'ahowu yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias pada 23 November 2016 mendatang. Saat Bupati Nias Sokhiatulò Laoli mengunjungi daerah tersebut pernah menyampaikan jika pelaksanaan ajang bergengsi itu dilaksanakan di Pantai Onolimbu Kecamatan Bawòlato Kabupaten Nias.

Salah seorang tokoh pemuda desa Tagaule saat wartanias.com berkunjung kedaerah tersebut, Minggu (06/11/2016) mengatakan perubahan lokasi tersebut cukup disesali dan dapat membawa kerugian terhadap masyarakat setempat.

Disampaikannnya, kerugian yang dialami oleh masyarakat adalah kerugian waktu, tenaga dan materi, dimana mereka telah menyediakan jauh-jauh hari persiapan dagangan seperti bahan-bahan kue, kerajinan tangan, material tenda dan lainnya.

Ditanya tentang lokasi dan akses jalan, menurut pemuda yang tidak mau menyebutkan namanya itu sudah layak seperti daerah lainnya. Bahkan saat ini pemerintah daerah tengah membangun jalan dari Siofaewali menuju Pantai Onolimbu sejauh 5 kilometer.

"Kalau saya bandingkan dengan Bozihona yang dijadikan sebagai tempat lomba, akses jalan juga lebih buruk dari Onolimbu. Ada apa pemerintah mengumbar janji yang tidak pasti. Jangan-jangan dengan periode kedua ini akan banyak ulahnya?" Ujar narasumber Wartanias.com.

Warga Desa Tagaule mengimbau pemerintah agar pelaksanaan lomba maena dalam memeriahkan pesta ya'ahowu tetap di Pantai Onolimbu seperti yang telah disampaikan oleh Bupati Nias.

Menurut informasi yang diperoleh, pelaksanaan Pesta Ya'ahowu di Kabupaten Nias untuk melaksanakan berbagai lomba akan digelar di Pantai Bozihòna.

Cukup disayangkan ketika wartanias.com konfirmasi kepada Kadispora Kabupaten Nias Atobali Laoli melalui telepon selulernya tidak bersedia menjawab dan juga Bupati Nias.

"Halo, ini dengan siapa. Saya isterinya. Ada apa ya?. Bapak lagi keluar rumah dan kapan kembalinya belum tahu,"jawab seorang perempuan yang mengaku sebagai Isteri Atobali Laoli, Senin (07/11/2016).

Sedangkan Bupati Nias, Sòkhiatulò Laoli tidak bersedia mengangkat telepon selulernya walau terdengar nada sambung. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara