Terbaru

Blangko KTP di Disdukcapil Gunungsitoli Habis, Warga Khawatir Tak Punya KTP-el

Kadis Dukcapil Gunungsitoli Ya'aro Harefa 
Gunungsitoli,- Dari 18.606 blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang diterima Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota Gunungsitoli dari Kementerian Dalam Negeri pada bulan Agustus 2016 yang lalu, hingga saat ini blangko tersebut telah habis digunakan. Warga pun mengaku khawatir tak akan mempunyai KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli Ya'aro Harefa ketika ditemui di kantornya, Jumat (02/12/2016) mengaku hingga akhir bulan November 2016 jumlah warga yang sudah melakukan perekaman KTP-el sekitar 3 ribu orang.

"Untuk sementara, yang 3 ribu orang ini dalam waktu dekat tidak bisa mendapatkan KTP-el walaupun mereka sudah merekam,"katanya.

Penyebabnya menurut dia adalah karena blangko KTP-el di Kota Gunungsitoli telah habis digunakan. Sementara ketika pihaknya meminta penambahan dari Kementerian Dalam Negeri telah habis. Kosongnya blangko di Pusat menurut dia karena lelang pekerjaaan pengadaan blangko di Kemendagri telah gagal dilaksanakan.

"Kekurangan ini sebenarnya bukan hanya di Kota Gunungsitoli saja. Namun seluruh daerah di Indonesia juga mengalami hal yang sama. Penyebabnya karena Lelang pengadaan blangko di Pusat telah gagal,"ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya akan membuat surat keterangan pengganti KTP-el sementara kepada warga Kota Gunungsitoli yang sudah melakukan perekaman namun tidak bisa mendapatkan KTP-el.

"Petunjuk dari Kemendagri, sembari menunggu proses pengadaan ulang di Pusat, kita akan membuat surat keterangan KTP kepada warga yang telah merekam yang akan berlaku selama enam bulan,"tambahnya.

Mendengar kabar tersebut, salah seorang warga Kota Gunungsitoli mengaku khawatir tidak akan memiliki KTP-el akibat dari habisnya blangko di Disdukcapil Kota Gunungsitoli.

"Pastinya khawatir pak, karena kalau tidak ada pengadaan blangko lagi, berarti warga tidak akan memiliki KTP-el lagi dong. Semoga Pemerintah cepat tanggap akan hal ini karena KTP-el sangat saya perlukan,"kata Alisama Sozanolo Gea salah seorang warga yang hendak mengurus KTP-el di Disdukcapil Kota Gunungsitoli.

Sementara informasi yang diperoleh wartanias.com melalui surat Kementerian Dalam Negeri Indonesia, pelelangan pekerjaan  percetakan blangko KTP-el akan segera di laksanakan awal tahun 2017 melalui tender pra-DIPA dan diperkirakan blangko KTP-el tersebut akan tersedia kembali pada bulan Januari 2017. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara